Ahok Dilantik Jokowi, #GubernurAhok Mendunia Lagi

Kompas.com - 19/11/2014, 14:56 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok kembali menjadi perbincangan pengguna Twitter pada hari ini, Rabu (19/11/2014).

Menurut pantauan KompasTekno, pada pukul 14.30, tagar #GubernurAhok berada di posisi kedua trending topic dunia (worldwide) di jejaring sosial Twitter.

Munculnya tagar #GubernurAhok di jagat Twitter mengikuti pelantikan dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta, hari Rabu ini, di Istana Negara, Jakarta.

Ahok resmi menjadi Gubernur DKI pada sisa masa jabatan 2012-2017. Dia menggantikan posisi Jokowi yang sudah menjadi Presiden. Ahok mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 14.00 WIB.

Ahok menjadi gubernur pertama yang dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo. Pelantikan langsung oleh Presiden ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

Sebelumnya, pada Jumat (14/11/2014) lalu, tagar #GubernurAhok juga sempat menjadi trending topic worldwide setelah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat paripurna istimewa, di Gedung DPRD DKI Jakarta, memastikan Ahok menjadi Gubernur DKI.

#GubernurAhok menjadi bentuk dukungan netizen Tanah Air, terutama pengguna Twitter, kepada mantan Plt Gubernur DKI ini untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo.

Dukungan tersebut muncul di media sosial karena Ahok mendapatkan penolakan dari sebuah organisasi massa (ormas) yang selama beberapa hari lalu melakukan serangkaian unjuk rasa di depan kantor Gubernur DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.