Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok Dilantik Jokowi, #GubernurAhok Mendunia Lagi

Kompas.com - 19/11/2014, 14:56 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok kembali menjadi perbincangan pengguna Twitter pada hari ini, Rabu (19/11/2014).

Menurut pantauan KompasTekno, pada pukul 14.30, tagar #GubernurAhok berada di posisi kedua trending topic dunia (worldwide) di jejaring sosial Twitter.

Munculnya tagar #GubernurAhok di jagat Twitter mengikuti pelantikan dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta, hari Rabu ini, di Istana Negara, Jakarta.

Ahok resmi menjadi Gubernur DKI pada sisa masa jabatan 2012-2017. Dia menggantikan posisi Jokowi yang sudah menjadi Presiden. Ahok mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 14.00 WIB.

Ahok menjadi gubernur pertama yang dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo. Pelantikan langsung oleh Presiden ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

Sebelumnya, pada Jumat (14/11/2014) lalu, tagar #GubernurAhok juga sempat menjadi trending topic worldwide setelah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat paripurna istimewa, di Gedung DPRD DKI Jakarta, memastikan Ahok menjadi Gubernur DKI.

#GubernurAhok menjadi bentuk dukungan netizen Tanah Air, terutama pengguna Twitter, kepada mantan Plt Gubernur DKI ini untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo.

Dukungan tersebut muncul di media sosial karena Ahok mendapatkan penolakan dari sebuah organisasi massa (ormas) yang selama beberapa hari lalu melakukan serangkaian unjuk rasa di depan kantor Gubernur DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com