Ponsel Android Nokia Menunggu "Pasung" Dilepas?

Kompas.com - 19/11/2014, 16:27 WIB
Nokia Associated PressNokia
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Dengan diluncurkannya tablet Android Nokia N1, terjawab pula model bisnis yang dikembangkan Nokia setelah unit perangkat dan layanan-nya diakuisisi oleh Microsoft.

Perusahaan Finlandia tersebut kini hanya menjual lisensi brand Nokia ke pabrikan lain, seperti yang dilakukannya dengan pabrikan Taiwan, Foxconn dalam memproduksi tablet Nokia N1.

Dengan model bisnis seperti itu, Nokia hanya bertanggung jawab atas desain rancangan fisik perangkatnya saja. Sementara urusan manufaktur, pemasaran, dan purna jual diserahkan sepenuhnya kepada pihak rekanan.

Namun, nampaknya "mainan baru" Nokia itu disinyalir bukan hanya di ranah tablet saja, melainkan juga akan merambah ke smartphone di masa mendatang.

Seperti dikutip KompasTekno dari Ars Technica, Selasa (19/11/2014), Nokia berpeluang untuk memproduksi perangkat smartphone dengan menjual lisensi-nya ke pabrikan lain yang akan merakitnya.

Ramzi Haidamus, President of Nokia Technologies mengatakan bahwa Nokia akan terjun ke bisnis lisensi ponsel setelah hak atas merek Nokia yang dipegang Microsoft berakhir.

Microsoft sendiri seperti kita ketahui masih memiliki sebagian hak atas brand Nokia hingga tahun 2016 nanti. Hal tersebut merupakan bagian dari kesepakatan akuisisi Microsoft atas Nokia yang diselesaikan pada April 2014 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, hingga 2016 nanti, Nokia tidak berhak untuk memproduksi perangkat smartphone.

Namun setelah masa "embargo" itu berakhir, keputusan Nokia untuk memproduksi smartphone melalui metode lisensi akan banyak dipengaruhi oleh kesuksesan tabletnya, Nokia N1.

Lalu, apakah benar setelah 2016 nanti kita akan bersama-sama menyaksikan kelahiran kembali smartphone Android Nokia?Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.