Kompas.com - 20/11/2014, 07:28 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Layanan pesan instan WhatsApp menambah fitur enkripsi. Fitur keamanan dalam menyampaikan pesan tersebut disebut WhatsApp sebagai teknologi yang paling aman saat ini, dan sulit dipecahkan walau oleh agen pemerintah sekali pun.

Dikutip KompasTekno dari Recode, Rabu (18/11/2014), teknologi keamanan yang dipakai WhatsApp disebut dengan TextSecure yang dikembangkan oleh tim pengembang software open source, Open Whisper Systems.

Versi TextSecure untuk WhatsApp disebut oleh pengembangnya mendukung enkripsi percakapan teks antarpengguna WhatsApp, sementara untuk group chat dan pesan media (file foto dan sebagainya) masih dalam pengembangan.

Selain Android, teknologi TextSecure juga diklaim telah mendukung platform mobile lain, yaitu iOS.

"Kami bisa masuk ke semua platform mobile, tetapi kami mengalami perkembangan yang pesat dengan memberikan perlindungan enkripsi kepada pengguna WhatsApp secara default," demikian pernyataan resmi Open Whisper Systems seperti ditulis dalam blog resminya.

Salah satu teknik unik yang digunakan TextSecure adalah dengan membuat kunci untuk setiap pesan yang dikirim, teknik tersebut diberi nama Forward Secrecy.

Dengan demikian, jika seorang peretas ingin membaca pesan, maka mereka harus membobol kunci tersebut pesan per pesan untuk membongkar semua percakapan.

Biasanya, percakapan antara dua pengguna pesan layanan instan hanya dienkripsi dengan satu kunci.

WhatsApp mengklaim bahwa saat ini mereka telah mengirimkan pesan dalam jumlah miliaran dari 500 juta pengguna aktifnya per bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Recode



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.