Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Sekarang Antisadap?

Kompas.com - 20/11/2014, 07:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com - Layanan pesan instan WhatsApp menambah fitur enkripsi. Fitur keamanan dalam menyampaikan pesan tersebut disebut WhatsApp sebagai teknologi yang paling aman saat ini, dan sulit dipecahkan walau oleh agen pemerintah sekali pun.

Dikutip KompasTekno dari Recode, Rabu (18/11/2014), teknologi keamanan yang dipakai WhatsApp disebut dengan TextSecure yang dikembangkan oleh tim pengembang software open source, Open Whisper Systems.

Versi TextSecure untuk WhatsApp disebut oleh pengembangnya mendukung enkripsi percakapan teks antarpengguna WhatsApp, sementara untuk group chat dan pesan media (file foto dan sebagainya) masih dalam pengembangan.

Selain Android, teknologi TextSecure juga diklaim telah mendukung platform mobile lain, yaitu iOS.

"Kami bisa masuk ke semua platform mobile, tetapi kami mengalami perkembangan yang pesat dengan memberikan perlindungan enkripsi kepada pengguna WhatsApp secara default," demikian pernyataan resmi Open Whisper Systems seperti ditulis dalam blog resminya.

Salah satu teknik unik yang digunakan TextSecure adalah dengan membuat kunci untuk setiap pesan yang dikirim, teknik tersebut diberi nama Forward Secrecy.

Dengan demikian, jika seorang peretas ingin membaca pesan, maka mereka harus membobol kunci tersebut pesan per pesan untuk membongkar semua percakapan.

Biasanya, percakapan antara dua pengguna pesan layanan instan hanya dienkripsi dengan satu kunci.

WhatsApp mengklaim bahwa saat ini mereka telah mengirimkan pesan dalam jumlah miliaran dari 500 juta pengguna aktifnya per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com