Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Pesaing YouTube, Xiaomi Keluarkan Rp 3 Triliun

Kompas.com - 20/11/2014, 10:01 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Vendor smartphone Tiongkok, Xiaomi nampaknya kian serius untuk bersaing dengan penyedia layanan video, YouTube. Pada Rabu, (18/11/2014), Xiaomi mengonfirmasi bahwa pihaknya akan berinvestasi di portal video online Tiongkok, iQiyi.

Diberitakan oleh TechinAsia, Rabu (18/11/2014), dan dikutip oleh KompasTekno, Xiaomi Technology Co Ltd mengatakan telah menanamkan investasi sebesar 300 juta dollar AS (sekitar Rp 3,6 triliun) dalam portal video yang juga dimiliki oleh Baidu tersebut.

Dana investasi tersebut merupakan bagian dari dana 1 miliar dollar AS yang digelontorkan pendiri Xiaomi, Lei Jun pada awal bulan ini untuk mempercepat akuisisi konten.

Sebelumnya, Baidu juga telah berinvestasi di portal video populer lain di Tiongkok, yaitu Youku Tudou.

Saat ini, Youku dan iQiyi keduanya sama-sama membuat konten film dan program TV eksklusif. Konten-konten yang mereka miliki bisa digunakan Xiaomi untuk membangun ekosistem video dan mendapatkan uang dari penjualan produk gadget-nya.

Pemerintah Tiongkok sendiri menerapkan aturan ketat terhadap konten serial TV dari Barat yang akan ditayangkan di stasiun-stasiun TV lokal di Tiongkok.

Xiaomi juga belum lama ini berinvestasi untuk membuat perangkat televisi pintar (smart TV). Tentunya, dengan memiliki banyak pilihan konten video yang ditawarkan, Xiaomi bisa membangun ekosistem konten TV pintarnya itu lebih kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com