Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun, Indosat Gelar Uji 4G LTE

Kompas.com - 20/11/2014, 12:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamis (20/11/2014) , Indosat merayakan ulang tahunnya yang ke-47. Momen ini sekaligus dimanfaatkan oleh operator seluler tersebut untuk mulai menggelar uji coba jaringan 4G LTE berkecepatan tinggi bernama "Super 4G-LTE".

"Hari ini kami lakukan pre-trial 4G LTE, memakai frekuensi 10 MHz di spektrum 1.800 MHz, serta dibantu dengan agregate 5 MHz di 900 MHz," ujar Presiden Direktur dan CEO Indosat Alex Rusli ketika berbicara dalam acara perayaan ulang tahun di Jakarta.

Alex menjelaskan bahwa Indosat sebenarnya sudah menyiapkan jaringan LTE sejak lama. Begitu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan rencana pemberian izin komersil 4G LTE pada akhir 2014, pihaknya langsung bereaksi dengan mengaktifkan jaringan berkecepatan tinggi itu di sejumlah wilayah yang telah mendukung.

"Kami langsung set software infrastruktur di 23 kota untuk mengaktifkan 4G LTE," imbuh Alex.

Pengaktifan 4G LTE sekaligus menandai selesainya proses modernisasi jaringan di 23 kota tersebut, yang turut mencakup Medan, Lampung, Mataram, Balikpapan, Makassar, Banjarmasin, dan Samarinda di luar kota-kota lain di Pulau Jawa.

Rudiantara yang turut hadir dalam acara menjelaskan bahwa pemerintah akan memberikan izin operasi untuk operator 4G LTE yang sudah memiliki alokasi di frekuensi 900 MHz menjelang akhir tahun ini.

"Sebenarnya yang paling bagus dan didukung di seluruh dunia itu 1.800 MHz, tapi di sini 1.800 MHz belum siap, yang paling siap itu 900 MHz," ujar Rudiantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com