Genjot Bisnis "Cloud", TelkomSigma Gandeng VMWare

Kompas.com - 20/11/2014, 14:14 WIB
Ilustrasi cloud computing istIlustrasi cloud computing
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Anak perusahaan Telkom, Telkom Sigma, terus menggenjot bisnis komputasi awan (cloud computing). Demi mengerek kontribusi pendapatan komputasi awan jadi 25 persen, perseroan menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat yang terkenal dengan produk virtualisasi, VMware. Kolaborasi keduanya hadirkan layanan komputasi awan dengan merek Always On.

CEO Telkom Sigma Judi Achmadi berharap, setelah VMware ikut memasarkan solusi Always On pada kuartal pertama 2015 kontribusi layanan komputasi awan bakal tumbuh. Hingga kuartal III-2014 perseroan berhasil mendapatkan pendapatan sebesar Rp 1,4 triliun atau mencapai 70 persen dari target yakni meraih Rp 2 triliun sepanjang 2014.

Dia menerangkan, komposisi pendapatan hingga kuartal III-2014 terdiri dari sistem integrasi sebesar 30 persen, managed services sebesar 50 persen, dan komputasi awan sebesar persen.

"Jika kolaborasi dengan VMware dalam jualan Always On lancar, maka kontribusinya menjadi komputasi awan sebesar 25 persen, managed services sebesar 50 persen, dan sistem integrasi menjadi 25 persen. Kami ingin perkuat pendapatan tetap dengan bisnis layanan komputasi awan. Kalau layanan sistem integrasi itu banyak kontrak yang berbasis proyek," kata Judi, Selasa (18/11/2014).

Kolaborasi dengan VMware tak hanya komputasi awan, tapi perseroan juga sedang merintis kerjasama lainnya. Contohnya, menjadi pusat kompetensi untuk produk-produk virtualisasi dari perusahaan asal Amerika Serikat itu untuk kawasan Asia Tenggara.

"Kami memiliki 20 tenaga ahli yang akan mendukung jika dipilih sebagai pusat kompetensi untuk kawasan Asia Tenggara. Nanti baru mereka putuskan, sekarang tengah dinilai karena pesaing kita salah satu pemain besar di Singapura," imbuhnya.

Always On

Solusi Always on untuk layanan data center adalah kemampuan untuk memberikan kondisi active-active sehingga perusahaan tidak perlu khawatir akan kehilangan data apabila terjadi kondisi disaster atau system down, karena  seluruh data center utama milik Telkomsigma akan terback up secara real-time online dan didukung oleh high availability system.

"Bersama VMware, kami bangun komputasi awan Always On untuk Telkom Grup. Sekarang, kami ingin pasarkan produk Always On ini ke luar Telkom. Tahap awal, diharapkan VMware bisa menawarkan kepada mitranya," ujar dia.

Telkom Sigma memiliki tiga keunggulan menjalankan Always on yakni Data Center, kemampuan komunikasi antar Data center yang di-backup dengan latar belakang Telkom, dan penguasaan terhadap infrastruktur seperti server storage serta aplikasi. Always on didukung tiga data center Telkom Sigma yakni di Serpong, Sentul dan Surabaya. (Kontan/Merlinda Riska)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Kontan
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X