Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4G LTE Indosat Diklaim Tembus 185 Mbps

Kompas.com - 20/11/2014, 15:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama dengan acara ulang tahunnya yang ke-47, Indosat mulai menggelar pre-trial layanan data 4G LTE bernama "Super 4G-LTE". Division Head Data Services Syarif Mahfudz mengatakan jaringan 4G LTE yang tengah diuji coba pihaknya menawarkan kecepatan terkencang.

"Dengan downlink mencapai 185 Mbps, Super 4G-LTE adalah yang tercepat di Indonesia," ujar Syarif ketika berbicara dalam acara ulang tahun Indosat di kantor pusat operator seluler itu, di Jakarta (20/11/2014).

Dia menambahkan bahwa penggelaran uji coba 4G LTE Indosat sekaligus menandai selesainya modernisasi jaringan yang dilakukan di 23 kota di seluruh Indonesia. Dengan angka transfer data hingga 42 Mbps, jaringan baru Indosat disebutnya juga merupakan yang terkencang dan terluas untuk jaringan 3G di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pihaknya siap memberikan izin komersil untuk jaringan 4G LTE operator telekomunikasi di frekuensi 900 MHz pada akhir tahun 2014.

"Sebenarnya yang paling bagus dan didukung di seluruh dunia itu 1.800 MHz, tapi di sini 1.800 belum siap, yang paling siap itu 900 MHz," ujar Rudiantara. "Nanti, pertengahan 2015, kami harapkan masyarakat sudah bisa menikmati ekosistemnya."

Bersama dengan Telkomsel dan XL Axiata, Indosat merupakan salah satu operator GSM yang memiliki alokasi frekuensi di spektrum 900 MHz. "Karena nanti yang dapat izin pertama adalah 900 MHz, maka 4G LTE akan kita gelar dulu di frekuensi itu, kedepannya nanti kita lihat lagi bagaimana," timpal Presiden Direktur dan CEO Indosat Alex Rusli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com