Kompas.com - 20/11/2014, 15:46 WIB
Presiden Direktur dan CEO Indosat Alex Rusli bersama petinggi Indosat dalam acara perayaan ulang tahun Indosat ke-47 di Jakarta, Kamis (20/11/2014). Oik Yusuf/KOMPAS.comPresiden Direktur dan CEO Indosat Alex Rusli bersama petinggi Indosat dalam acara perayaan ulang tahun Indosat ke-47 di Jakarta, Kamis (20/11/2014).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama dengan acara ulang tahunnya yang ke-47, Indosat mulai menggelar pre-trial layanan data 4G LTE bernama "Super 4G-LTE". Division Head Data Services Syarif Mahfudz mengatakan jaringan 4G LTE yang tengah diuji coba pihaknya menawarkan kecepatan terkencang.

"Dengan downlink mencapai 185 Mbps, Super 4G-LTE adalah yang tercepat di Indonesia," ujar Syarif ketika berbicara dalam acara ulang tahun Indosat di kantor pusat operator seluler itu, di Jakarta (20/11/2014).

Dia menambahkan bahwa penggelaran uji coba 4G LTE Indosat sekaligus menandai selesainya modernisasi jaringan yang dilakukan di 23 kota di seluruh Indonesia. Dengan angka transfer data hingga 42 Mbps, jaringan baru Indosat disebutnya juga merupakan yang terkencang dan terluas untuk jaringan 3G di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pihaknya siap memberikan izin komersil untuk jaringan 4G LTE operator telekomunikasi di frekuensi 900 MHz pada akhir tahun 2014.

"Sebenarnya yang paling bagus dan didukung di seluruh dunia itu 1.800 MHz, tapi di sini 1.800 belum siap, yang paling siap itu 900 MHz," ujar Rudiantara. "Nanti, pertengahan 2015, kami harapkan masyarakat sudah bisa menikmati ekosistemnya."

Bersama dengan Telkomsel dan XL Axiata, Indosat merupakan salah satu operator GSM yang memiliki alokasi frekuensi di spektrum 900 MHz. "Karena nanti yang dapat izin pertama adalah 900 MHz, maka 4G LTE akan kita gelar dulu di frekuensi itu, kedepannya nanti kita lihat lagi bagaimana," timpal Presiden Direktur dan CEO Indosat Alex Rusli.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.