Teknologi "Bebas Ngelag" AMD Disuntik ke Monitor Samsung

Kompas.com - 21/11/2014, 10:18 WIB
Joe  Chan, VP Samsung SEA mengumumkan kerjasama Samsung dan AMD di Singapura, Kamis (21/11/2014). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comJoe Chan, VP Samsung SEA mengumumkan kerjasama Samsung dan AMD di Singapura, Kamis (21/11/2014).
|
EditorReza Wahyudi
SINGAPURA, KOMPAS.com - AMD mengumumkan kerja sama dengan produsen monitor asal Korea Selatan, Samsung di ajang "Future of Compute" yang digelar di Singapura, Kamis (20/11/2014).

Melalui kerja sama tersebut, Samsung akan mengadopsi teknologi FreeSync yang dikembangkan oleh AMD ke dalam lini monitor Ultra High Definition (UHD) mereka yang akan diluncurkan pada kuartal pertama 2015.

Dengan demikian, Samsung akan menjadi produsen monitor pertama yang mengusung teknologi AMD FreeSync dalam produk-produknya.

"Kami senang bisa mengadopsi teknologi FreeSync ke dalam rangkaian monitor UHD Samsung yang akan diproduksi tahun 2015, karena mendukung open standard," ujar Joe Chan, VP Samsung Electronics Southeast Asia saat memberikan sambutannya.

"Dengan teknologi tersebut, kami percaya pengguna, khususnya gamer akan bisa menikmati game dan video yang lebih halus lagi tanpa efek stuttering atau tearing dalam monitor," demikian imbuh Chan.

Rencananya, Samsung Electronics akan menanamkan teknologi FreeSync dalam monitor seri Samsung UD590 (model 23,6 inci dan 28 inci) dan seri UE850 (model 23,6, 27, dan 31,5 inci).

Tentang FreeSync

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

FreeSync adalah teknologi video yang dikembangkan AMD untuk mengatasi dua masalah yang sering dikeluhkan gamer, yaitu stuttering dan tearing dalam tampilan grafis video karena refresh rate antara kartu grafis dan monitor tidak sinkron.

Selain tidak nyaman di mata, dua masalah tersebut juga menyebabkan input mouse kurang responsif, seperti yang disampaikan oleh Richard Huddy, Chief Gaming Scientist AMD di hadapan bloger dan awak media yang menghadiri ajang Future of Compute.

FreeSync akan memberikan sinkronisasi terhadap refresh rate antara kartu grafis AMD Radeon,  APU dan monitor secara dinamis. Hal tersebut diklaim AMD bisa mereduksi latensi input dan cacat visual selama bermain game (terlebih genre First Person Shooter, seperti Battlefield) dan pemutaran video kualitas HD.

AMD sendiri bukan satu-satunya yang mengembangkan teknologi refresh rate yang dinamis ini. Pesaingnya, Nvidia juga telah mengumumkan teknologi Nvidia G-Sync untuk mengatasi kendala yang sama.

Namun menurut AMD, FreeSync memiliki keunggulan dibanding G-Sync karena teknologi tersebut menganut sistem open standard, siapa pun boleh mengadopsinya secara gratis.

Karena bisa dipakai secara gratis, AMD juga mengklaim bahwa monitor dengan FreeSync akan lebih murah di pasaran dibanding rivalnya itu.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.