Kompas.com - 21/11/2014, 11:23 WIB
AMD oik yusuf/ kompas.comAMD
|
EditorReza Wahyudi
SINGAPURA, KOMPAS.com - Studio game kenamaan asal Jepang, Capcom mengumumkan kerja sama dengan AMD. Capcom akan menggunakan "Mantle" besutan AMD untuk memperkuat kemampuan video game engine "Panta-Rhei" yang dikembangkan oleh Capcom. Fitur tersebut akan tersedia untuk game-game yang dirilis Capcom dalam beberapa tahun mendatang.

Mantle adalah Application Programming Interface (API) yang dirancang khusus untuk kartu grafis Radeon.

Masaru Ijuin, Technical Director Capcom mengatakan, AMD Mantle akan membantu meningkatkan performa "Panta Rhei" yang pada mulanya dikembangkan untuk platform konsol.

"Capcom sedang mencoba teknologi Mantle dari AMD untuk meningkatkan pipeline grafis, dan mengintegrasikannya dalam Panta-Rhei untuk memberikan performa gaming yang impresif bagi gamer, dan pengembang game," ujar Masaru di sela-sela acara AMD Future of Compute di Singapura, Kamis (20/11/2014).

Sementara David Bennett, Corporate Vice President AMD Asia Pacific & Japan menyatakan, "Capcom menjadi rekanan strategis AMD dalam membantu menyebarkan teknologi kami kepada konsumen di seluruh dunia."

Beberapa game yang telah menggunakan API Mantle, antara lain Battlefield 4, Thief, Sniper Elite 3, Plants vs. Zombies: Garden Warfare, Civilization: Beyond Earth, dan Dragon Age: Inquisition.

Sementara game-game Capcom mendatang yang siap dirilis dengan menggunakan Mantle antara lain Star Citizen, Star Wars: Battlefront, Mirror’s Edge 2, dan Battlefield: Hardline.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Capcom, teknologi AMD Mantle saat ini juga telah diadopsi oleh mesin game yang dibuat oleh pengembang game besar, seperti Crytek (pembuat game Crysis dan Far Cry) dengan CRYENGINE-nya, DICE (pembuat game Battlefield, FrostBite 3 dan Oxide Games dengan mesin Nitrous-nya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.