Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Mantle Perkuat Game Besutan Capcom

Kompas.com - 21/11/2014, 11:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Studio game kenamaan asal Jepang, Capcom mengumumkan kerja sama dengan AMD. Capcom akan menggunakan "Mantle" besutan AMD untuk memperkuat kemampuan video game engine "Panta-Rhei" yang dikembangkan oleh Capcom. Fitur tersebut akan tersedia untuk game-game yang dirilis Capcom dalam beberapa tahun mendatang.

Mantle adalah Application Programming Interface (API) yang dirancang khusus untuk kartu grafis Radeon.

Masaru Ijuin, Technical Director Capcom mengatakan, AMD Mantle akan membantu meningkatkan performa "Panta Rhei" yang pada mulanya dikembangkan untuk platform konsol.

"Capcom sedang mencoba teknologi Mantle dari AMD untuk meningkatkan pipeline grafis, dan mengintegrasikannya dalam Panta-Rhei untuk memberikan performa gaming yang impresif bagi gamer, dan pengembang game," ujar Masaru di sela-sela acara AMD Future of Compute di Singapura, Kamis (20/11/2014).

Sementara David Bennett, Corporate Vice President AMD Asia Pacific & Japan menyatakan, "Capcom menjadi rekanan strategis AMD dalam membantu menyebarkan teknologi kami kepada konsumen di seluruh dunia."

Beberapa game yang telah menggunakan API Mantle, antara lain Battlefield 4, Thief, Sniper Elite 3, Plants vs. Zombies: Garden Warfare, Civilization: Beyond Earth, dan Dragon Age: Inquisition.

Sementara game-game Capcom mendatang yang siap dirilis dengan menggunakan Mantle antara lain Star Citizen, Star Wars: Battlefront, Mirror’s Edge 2, dan Battlefield: Hardline.

Selain Capcom, teknologi AMD Mantle saat ini juga telah diadopsi oleh mesin game yang dibuat oleh pengembang game besar, seperti Crytek (pembuat game Crysis dan Far Cry) dengan CRYENGINE-nya, DICE (pembuat game Battlefield, FrostBite 3 dan Oxide Games dengan mesin Nitrous-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com