Kompas.com - 26/11/2014, 11:30 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
SEMARANG, KOMPAS.com - Evercoss mulai mengoperasikan pabrik perakitan dan pengemasan gadget di Semarang pada Juni lalu. Pabrik yang memproduksi seri ponsel A7A, A7E, C5F, dan tablet AT1A itu diklaim memiliki standar kualitas yang lebih baik dibandingkan fasilitas serupa di negeri asal komponen gadget buatannya, Tiongkok.

"Kita memastikan quality control yang lebih ketat sehingga yang dihasilkan itu jauh lebih baik ketimbang di Tiongkok," ujar Direktur Evercoss Edward S. dalam acara kunjungan pabrik Evercoss di Kawasan Industri Terboyo, Semarang yang dihadiri Kompas Tekno, Selasa (25/11/2014).

Pihak Evercoss mengklaim bahwa, berkat kontrol kualitas yang ketat itu, tingkat kerusakan produk yang diproduksi di pabrik Semarang bisa ditekan hingga 1 persen.

Chief Marketing Officer Evercoss Janto Djoyo mengatakan bahwa tingkat kerusakan yang rendah tersebut nantinya akan menguntungkan pihak retailer yang menjual produk-produk Evercoss.

"Soalnya kalau barang rusak itu yang ngamuk adalah toko. Nah, kalau barang bagus toko jadi senang dan mau stok produk kami," kata Janto.

Oik Yusuf/KompasTekno
Para karyawan sedang bekerja di pabrik Evercoss, yang berlokasi di Kawasan Industri Terboyo, Semarang.
Janto menjelaskan bahwa tiap produk Evercoss yang dirakit di pabrik Semarang menjalani proses pengujian secara individu untuk memastikan semua fungsi yang ada berjalan dengan lancar.

"Kami cek satu-satu, cek sinyal dan lain-lain, bahkan juga dengan cara selfie," ujar Janto. "Tentu, pada tahap akhir perangkat di-wipe (hapus memori) terlebih dahulu sebelum masuk ke packaging."

PT Aries Indo Global selaku pemilik merek dagang Evercoss menganggarkan dana investasi Rp 1 triliun untuk pembangunan pabrik di Semarang. Dari jumlah tersebut, sebesar 30 persen atau sekitar Rp 300 miliar sudah direalisasikan, sementara sisanya menunggu pembangunan pabrik lain seluas 8 hektar di kota yang sama.

Saat ini pabrik Evercoss di Semarang memiliki empat lini produksi. Nantinya, lini produksi itu ditargetkan bakal berkembang menjadi 12 dengan kapasitas produksi sebesar 500.000 unit per bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.