Kompas.com - 27/11/2014, 15:27 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Setelah sempat mengurangi jumlah produksi harian iPhone 5c, Apple dilaporkan akan menghentikan selamanya pembuatan smartphone tersebut.

Seperti dikutip KompasTekno dari Cnet, Kamis (27/11/2014), iPhone yang menggunakan cangkang plastik tersebut akan berhenti diproduksi mulai pertengahan 2015 mendatang.

Apple tidak menyebutkan alasan penghentian produksi iPhone 5c tersebut. Minimnya permintaan pasar terhadap iPhone 5c disinyalir menjadi salah satu alasannya.

iPhone 5c sejatinya merupakan iPhone 5 versi plastik. Keduanya hadir dengan spesifikasi hardware yang tidak jauh berbeda. Yang jadi pembeda, iPhone 5 menggunakan casing berbahan metal, sementara iPhone 5c dengan cangkang plastik.

iPhone 5c yang diluncurkan pada September 2013 bersamaan dengan iPhone 5s sejak awal diprediksi tidak bisa bersaing dengan smartphone-smartphone sekelas. Para konsumen sendiri dikatakan lebih memilih iPhone 5s karena hadir dengan berbagai fitur baru dan juga spesifikasi yang lebih tinggi dari iPhone 5c.

Apple sebenarnya menargetkan iPhone 5c untuk segmen pasar menengah di negara berkembang. Namun, harga ponsel itu dianggap belum cukup murah untuk konsumen di sejumlah negara sehingga kurang laris di pasaran.

Di Indonesia, iPhone 5c saat itu dihargai Rp 8,7 juta, lebih mahal dibandingkan ponsel Android Samsung Galaxy S4 yang dibanderol Rp 7,5 juta.

Apple masih belum mengeluarkan komentar terkait penghentian produksi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.