Sony Ingin Buat Smartwatch dari “Kertas”

Kompas.com - 27/11/2014, 16:07 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi perangkat Smartwatch Sony

KOMPAS.com - Sony dikabarkan berencana membuat wearable device berupa jam tangan pintar dari “kertas”. Tentu, yang dimaksud bukan kertas biasa, melainkan e-paper alias panel display tipis fleksibel yang tampilan layarnya mirip dengan tinta di atas kertas.

E-paper tidak menghasilkan cahaya sendiri seperi layar gadget pada umumnya, tapi mengandalkan sumber cahaya di lingkungan sekitar seperti yang dilakukan ketika membaca buku.

Keterangan yang dikutip Kompas Tekno dari Bloomberg, Kamis (27/11/2014) menyebutkan bahwa jam tangan pintar e-paper Sony nantinya akan mengedepankan aspek gaya ketimbang fungsi kompleks macam gadget Apple Watch atau produk seri SmartWatch bikinan Sony sendiri.

Teknologi e-paper yang akan dipakai masih belum jelas. Beberapa produk e-paper yang beredar di pasaran memakai teknik berbeda untuk tampilan layar.

Smartwatch Pebble, misalnya, menggunakan LCD yang disebut sebagai “e-paper”, sementara jam CST-01 dari Central Standard Timing menggunakan e-Ink ala tablet Kindle.

Jam tangan pintar berbasis e-paper nantinya akan menjadi salah satu produk pertama yang ditelurkan oleh sebuah divisi baru di Sony, hasil bentukan CEO Kaz Hirai. Divisi tersebut ditujukan untuk menggenjot inovasi Sony dalam mengeluarkan terobosan baru.

Pasar wearable device sendiri masih terbilang kecil, dengan hanya 22 juta unit yang terjual di seluruh dunia pada tahun fiskal ini. Sebagian besar wearable device berbentuk jam tangan atau gelang pintar yang dikenakan di pergelangan tangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.