Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Xiaomi Curhat Soal Indonesia

Kompas.com - 28/11/2014, 08:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya dalam waktu 2,5 bulan setelah pertama kali memasuki pasaran Indonesia pada awal September, pabrikan gadget asal Tiongkok, Xiaomi, mengklaim telah berhasil menjual lebih dari 100 ribu unit smartphone.

Keberhasilan penjualan itu datang bukan tanpa ganjalan. Saat berbicara di ajang Startup Asia 2014, Wakil Presiden Global Xiaomi Hugo Barra sedikit curhat mengenai beberapa hambatan yang ditemui pihaknya dalam memasarkan produk di Indonesia.

"Sertifikasi ponsel di sini (Indonesia) agak-agak old school. Prosesnya lama sekali, paling lama dibandingkan pasar lain sehingga masuknya produk kami agak tersendat," keluh Barra.

Perkara sertifikasi dari Ditjen Postel ini sebelumnya sempat disebut Barra sebagai penyebab tidak hadirnya smartphone andalan Xiaomi Mi3 di Indonesia.

Tadinya Barra hendak menjadikan Mi3 sebagai produk perdana perusahaannya di Indonesia, tapi hal itu urung dilakukan karena proses sertifikasi memakan waktu terlalu lama.

"Harapan saya, di masa depan nanti prosesnya bisa dipersingkat lagi," tambah Barra.

Di samping itu, Barra juga mengutarakan hambatan lain berupa masih rendahnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Padahal, e-commerce adalah jalur distribusi yang diandalkan Xiaomi untuk menekan harga jual.

"Perkiraan saya, hanya sekitar 5 persen smartphone di sini yang terjual melalui jalur online. Angka itu rendah, bahkan dibandingkan dengan India," katanya.

Meski demikian, Barra mengaku optimistis keadaan pasar akan membaik di masa depan dengan bantuan pemerintah baru. "Pemerintahan Jokowi saya lihat sangat progresif. Saya harap dia akan bisa membantu mengembangkan e-commerce di Indonesia."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com