Kompas.com - 28/11/2014, 09:19 WIB
Chief Marketing Officer Rovio Peter Vesterbacka. Startup AsiaChief Marketing Officer Rovio Peter Vesterbacka.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Angry Birds dari developer Rovio asal Finlandia adalah salah satu seri game mobile yang berhasil menuai sukses di pasaran.

Dalam ajang Startup Asia 2014 yang berlangsung di Jakarta, Kamis (27/11/2014), Chief Marketing Office Peter Vesterbacka berbagi sedikit tips untuk perusahaan rintisan alias startup yang hendak menggeluti bisnis pengembangan game.

"Yang utama adalah Anda harus memiliki passion terhadap apa yang Anda kerjakan," kata Versterbacka mengawali "wejangannya". Passion ini disebutnya merupakan hal yang penting karena menentukan konsistensi dan daya juang perusahaan yang bersangkutan.

"Tak ada cerita sukses instan. Rovio sendiri membuat puluhan judul game sebelum akhirnya berhasil dengan Angry Birds," tegasnya.

Tips berikutnya adalah soal diferensiasi produk. Sebuah game, menurut Versterbacka, harus bisa "stand-out" di antara lautan game yang ada di pasaran. "Untuk setiap game macam 'Angry Birds' ada ribuan game lain. Tak semuanya bisa berhasil."

Yang terakhir dan tak kalah penting, Versterbacka bicara soal branding alias pemasaran produk game yang bersangkutan. Sebuah produk bagus menurutnya mutlak didampingi oleh promosi yang baik pula.

"Anda harus serius soal branding ini. Soalnya, tak peduli seberapa bagus produk yang Anda buat, semua tak akan berarti apabila tak ada orang yang tahu," pungkas dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.