Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 30 Tahun, Lenovo No 1 di Dunia dan Indonesia

Kompas.com - 28/11/2014, 14:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Lenovo telah mengumumkan tercapainya posisi nomor satu di pasar global dan di Indonesia, berdasarkan data IDC.

Hal itu terjadi pada kuartal kedua 2013, Juli-September, dengan pangsa pasar global 20 persen. Di Indonesia, pada periode yang sama, Lenovo meraih pangsa pasar 20,1 persen.

Periode itu adalah untuk pertamakalinya Lenovo mencapai posisi puncak pangsa pasar PC di Indonesia. Sedangkan untuk pasar global, posisi itu pernah diraih pada kuartal pertama 2014 dengan angka 16,7 persen.

"Ketika pasar PC Indonesia secara keseluruhan terus menunjukkan tren penurunan, pangsa pasar Lenovo justru tumbuh sebesar 4.5 poin dari kuartal sebelumnya dan 6.6 poin dari tahun ke tahun," kata Rajesh Thadani, Country General Manager, Lenovo Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (28/11/2014).

Lenovo sudah ada sejak 1984 dengan nama Legend. Perusahaan ini didirikan di Beijing oleh Liu Chuanzi dengan 10 orang insinyur dan modal 200,000 Yuan.

Kata Lenovo sendiri berasal dari kata “Le”  yang diambil dari kata Legend, dan “novo” yang berarti “baru” dalam bahasa latin dan bahasa China berarti “kreativitas”.

Namun divisi PC-nya baru hadir pada 1994. Kemudian nama Lenovo itu sendiri baru digunakan secara resmi sebagai nama perusahaan pada 2004.

Tentunya, pencapaian divisi PC Lenovo tak lepas dari akuisisi divisi PC IBM yang dilakukan pada 2005. Pada 2014 ini Lenovo pun merampungkan akuisisi divisi Server x86-nya IBM. Selain itu Lenovo sedang dalam proses akuisisi atas produsen smartphone Motorola.

Pangsa pasar Lenovo di segmen Consumer, mencapai 21,6 persen. Hal ini merupakan kenaikan 8,2 poin dari tahun lalu dan 5,5 poin dari kuartal sebelumnya.

Untuk segmen Small Medium Business SMB, Lenovo memiliki pangsa pasar 19,8 persen. Di segmen SMB ini Lenovo selama 7 kuartal berturut-turut ada di posisi nomor 1.

Di segmen bisnis enterprise, setelah selesai mengakuisisi IBM x86, Lenovo menjadi perusahaan server No.3 di dunia dan pemain server x86 No. 2 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com