Komunitas IDBigData Dideklarasikan di Yogyakarta

Kompas.com - 04/12/2014, 14:13 WIB
Deklarasi pendirian komunitas IDBigData dilakukan di gelaran Konferensi Big Data Indonesia 2014, Kamis (4/12/2014). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comDeklarasi pendirian komunitas IDBigData dilakukan di gelaran Konferensi Big Data Indonesia 2014, Kamis (4/12/2014).
|
EditorReza Wahyudi
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mengambil momentum gelaran Konferensi Big Data Indonesia 2014 di Yogyakarta, Kamis (4/12/2014), komunitas IDBigData secara resmi didirikan. Komunitas ini diharapkan menjadi wadah para penggiat dan praktisi big data di Indonesia.

Deklarasi pendirian komunitas IDBigData tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak dari pelaku industri, akademisi, dan dari pemerintah, dalam hal ini adalah Dirjen Aptika Kemenkominfo yang diwakili oleh Bambang Dwi Anggono.

Menurut Bambang, komunitas IDBigData jika ingin bertahan jangan hanya melibatkan praktisi dan akademisi saja, melainkan juga dari konsumen atau pengguna.

"Kalau isinya insinyur saja, dan pendekatannya teknologi saja, tidak akan berhasil, harus dengan pendekatan berbeda, yaitu pendekatan pengguna," ujar Bambang di acara Konferensi Big Data di Yogyakarta, Rabu.

Bambang yang juga menjadi penasihat di Komunitas IDBigData itu menambahkan, dengan pendekatan pengguna, diharapkan solusi-solusi big data bisa membantu kegiatan sehari-hari, entah untuk tujuan bisnis, pendidikan, atau pemerintahan dan sebagainya.

Sementara itu, CEO Solusi 247 yang menjadi salah satu pemrakarsa komunitas ID Big Data berharap, komunutas tersebut dapat menjadi wadah bagi berbagai komponen bangsa, termasuk akademisi, industri, aparat pemerintah, dan para penggiat big data untuk dapat bersinergi dan bekerjasama dalam penguasaan teknologi untuk kepentingan Indonesia.

IDBigData merupakan suatu komunitas bagi para peminat, peneliti dan pelaku teknologi Big Data di Indonesia untuk berinteraksi, berdiskusi dan berbagi pengalaman dan pengetahuan baik dalam hal riset maupun bisnis. Komunitas ini bersifat terbuka dan tidak berafiliasi terhadap produk tertentu.

Perguruan tinggi, instansi riset, vendor, pengguna dan prinsipal semua diajak untuk bergabung dalam komunitas ini.

Untuk bergabung dengan komunitas IDBigData, kunjungi halaman web resminya yang beralamat di http://www.idbigdata.com.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X