Kompas.com - 05/12/2014, 16:45 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Selama ini, banyak referensi yang menyebut bahwa perusahaan komputer Apple dimulai dari sebuah garasi kecil di rumah Steve Jobs di Los Altos, California, AS. Bahkan, film Jobs yang beredar pada 2013 lalu pun menceritakan hal tersebut.

Namun, baru-baru ini, salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, membantah kabar tersebut.

Dalam sebuah wawancara di situs Bloomberg, Kamis (4/12/2014), co-founder Apple tersebut mengatakan, "Garasi itu hanya sebuah mitos, terlalu dilebih-lebihkan," ujar Wozniak seperti dikutip oleh KompasTekno.

Menurut dia, garasi memang menjadi representasi dari Apple. Namun, baik dirinya, Steve Jobs, maupun tim lainnya tidak mendesain komputer dari garasi saat Apple dibentuk.

"Memang kami membawa produk yang telah jadi ke garasi untuk mencobanya apakah itu bekerja dengan baik atau tidak, sebelum mengirimnya ke toko-toko yang membelinya," imbuh Wozniak.

Pria yang akrab disapa Woz ini juga menuturkan bahwa memang mereka meluangkan sebagian waktu di garasi tersebut. Namun, mereka biasanya hanya duduk-duduk dan melakukan hal-hal yang tidak produktif.

Namun, Woz juga mengakui bahwa ide cerita Apple yang berawal dari garasi kecil itu sangat menginspirasi.

"Cerita yang hebat bukan? Begitu Anda sudah sukses, lalu membuat cerita sejarah perusahaan Anda dengan tempat yang magis, kedengarannya memang lebih romantis dibanding cerita aslinya," kata Woz.

Menurut Woz, orang-orang lebih menyukai cerita yang menginspirasi, yang ceritanya layak dijadikan sebagai ide dasar cerita untuk membuat film.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bloomberg


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.