Kompas.com - 05/12/2014, 18:36 WIB
CEO Xiaomi, Lei Jun. mi.comCEO Xiaomi, Lei Jun.
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Majalah Forbes menobatkan pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun, sebagai "Businessman of the Year" atas keberhasilannya membawa Xiaomi menjadi salah satu produsen smartphone terbesar dunia.

Xiaomi didirikan Lei Jun empat tahun lalu sebagai Xiaomi atau "beras kecil" dalam bahasa Mandarin Tiongkok.

Dalam waktu singkat, Xiaomi dengan perangkat berharga murah telah merebut pasar ponsel besar Asia, menurut Forbes dalam laporannya, Kamis (4/12/2014).

Xiaomi pada kuartal ketiga tahun ini telah merangsek tiga besar penguasa pasar smartphone dunia di bawah Samsung dan Apple.

Di Tiongkok, pasar terbesar dunia, Xiaomi melampaui Apple dan berada di posisi teratas, dengan penjualan diperkirakan mencapai 60 juta unit tahun ini, dua kali dari total penjualan 2013.

Penjualan Xiaomi pada semester pertama 2014 hampir mencapai 5,5 miliar dolar, menurut Wall Street Journal.

Lei Jun yang berusia 45 tahun pada bulan ini, menurut Forbes, sebagai orang terkaya kedelapan di Tiongkok dengan nilai kekayaan 9,9 miliar dolar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia bekerja 100 jam seminggu dan tinggal bersama istri serta dua anak di rumahnya.

"Tujuan saya adalah untuk mengubah Xiaomi menjadi merek nasional di Tiongkok, mempengaruhi semua industri Tiongkok dan menguntungkan semua orang di dunia," kata Lei.

Produk-produk Xiaomi dipromosikan via media sosial dan rekomendasi-rekomendasi dari pengguna. Pendekatan itu telah membantu Xiaomi menjual 100.000 unit ponsel dalam waktu 90 detik tahun lalu.

Pada 11 November lalu, Xiaomi telah menjual lebih dari 1 juta ponsel dalam promosi sehari oleh Alibaba.com yang mengalahkan rekor 24-jam total belanja online dunia.

Masih dalam bulan November, Xiaomi telah menjual 10.000 unit smartphone dalam waktu kurang dari 40 detik di Indonesia, satu dari enam pasar yang menjadi target untuk pertumbuhan, selain Hong Kong, India, Malaysia, Singapura, dan Taiwan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.