Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2014, 10:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel pada Senin (8/12/2014) secara resmi menggelar layanan 4G LTE (Long Term Evolution) secara komersil di spektrum 900 MHz.

Dengan demikian, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang mengkomersialisasikan jaringan mobile broadband di Indonesia.

Namun, jaringan 4G LTE Telkomsel saat ini belum bisa dinikmati pelanggan di seluruh Indonesia, karena akses mobile broadband ini baru tersedia untuk wilayah Jakarta dan Bali saja. Ke depannya, Telkomsel mengatakan akan memperluas cakupan layanan 4G LTE ini di kota-kota besar di Indonesia.

Konfirmasi peresmian komersialisasi jaringan 4G LTE didapat KompasTekno dari halaman web resmi Telkomsel (internet.telkomsel.com/4g-lte).

Di halaman tersebut, Telkomsel memberikan beragam informasi bagaimana pelanggannya bisa menikmati layanan 4G LTE tersebut.

Salah satunya adalah penukaran kartu SIM yang mendukung koneksi 4G LTE yang bisa dilakukan di GraPARI Telkomsel di wilayah Jakarta dan Bali.

Telkomsel juga mengatakan pelanggan tidak perlu mengganti nomor dan paket internet yang sudah berjalan.

Komersialisasi layanan 4G LTE oleh Telkomsel ini sesuai dengan permintaan Menkominfo, Rudiantara yang sebelumnya pernah mengatakan bahwa layanan tersebut diharapkan bisa dikomersialisasi pada akhir 2014 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com