Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas Ancam Keluarga Pegawai Sony

Kompas.com - 08/12/2014, 14:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Time
Screenshot aksi peretas di Sony Pictures.

KOMPAS.com - Setelah membocorkan film yang belum dirilis dan aneka data rahasia, hacker yang meretas Sony Pictures bertindak lebih jauh dengan mengancam para karyawan perusahaan itu berikut keluarga mereka.

Ancaman disampaikan melalui e-mail yang dikirim kelompok hacker bernama "Guardians of Peace" (GOP) tersebut ke alamat e-mail masing-masing pegawai Sony Pictures pada Jumat, 5 Desember 2014.

Dalam surat elektroniknya, GOP meminta para karyawan agar mendukung serangan terhadap Sony Pictures. "Kalau tidak, bukan hanya Anda, tapi keluarga Anda pun akan terancam bahaya," tulis GOP, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Time, Senin (8/12/2014).

Seorang juru bicara Sony Pictures membenarkan bahwa sejumlah pegawainya menerima email berisi ancaman dari peretas. "Kami menyadari situasi ini dan sedang bekerjasama dengan penegak hukum," katanya.

Secara keseluruhan, email ancaman itu berisi 4 paragraf tulisan bahasa Inggris dengan tatabahasa yang buruk. Tak jelas berapa jumlah pegawai Sony Pictures yang menerima email.

Selain ancaman, dalam e-mail tersebut, kelompok hacker GOP juga berjanji akan terus melancarkan serangan terhadap Sony Pictures.

"Salah kalau Anda pikir krisis ini akan berakhir setelah beberapa waktu. Anda akan kehilangan harapan dan Sony Pictures akan hancur," tulis GOP yang memulai serangan cyber pada 24 November lalu dengan mencuri sejumlah besar data dari sistem Sony Pictures.

Jati diri dan asal-muasal dari GOP sendiri hingga kini masih belum jelas. Sebelumnya diduga bahwa grup hacker itu merupakan kaki tangan pemerintah Korea Utara, namun negeri dengan sistem pemerintahan komunis itu membantah terlibat dalam serangan terhadap Sony Pictures.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com