Kompas.com - 08/12/2014, 14:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Screenshot aksi peretas di Sony Pictures.

KOMPAS.com - Setelah membocorkan film yang belum dirilis dan aneka data rahasia, hacker yang meretas Sony Pictures bertindak lebih jauh dengan mengancam para karyawan perusahaan itu berikut keluarga mereka.

Ancaman disampaikan melalui e-mail yang dikirim kelompok hacker bernama "Guardians of Peace" (GOP) tersebut ke alamat e-mail masing-masing pegawai Sony Pictures pada Jumat, 5 Desember 2014.

Dalam surat elektroniknya, GOP meminta para karyawan agar mendukung serangan terhadap Sony Pictures. "Kalau tidak, bukan hanya Anda, tapi keluarga Anda pun akan terancam bahaya," tulis GOP, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Time, Senin (8/12/2014).

Seorang juru bicara Sony Pictures membenarkan bahwa sejumlah pegawainya menerima email berisi ancaman dari peretas. "Kami menyadari situasi ini dan sedang bekerjasama dengan penegak hukum," katanya.

Secara keseluruhan, email ancaman itu berisi 4 paragraf tulisan bahasa Inggris dengan tatabahasa yang buruk. Tak jelas berapa jumlah pegawai Sony Pictures yang menerima email.

Selain ancaman, dalam e-mail tersebut, kelompok hacker GOP juga berjanji akan terus melancarkan serangan terhadap Sony Pictures.

"Salah kalau Anda pikir krisis ini akan berakhir setelah beberapa waktu. Anda akan kehilangan harapan dan Sony Pictures akan hancur," tulis GOP yang memulai serangan cyber pada 24 November lalu dengan mencuri sejumlah besar data dari sistem Sony Pictures.

Jati diri dan asal-muasal dari GOP sendiri hingga kini masih belum jelas. Sebelumnya diduga bahwa grup hacker itu merupakan kaki tangan pemerintah Korea Utara, namun negeri dengan sistem pemerintahan komunis itu membantah terlibat dalam serangan terhadap Sony Pictures.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Time


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.