Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
NAT

Corat-coret Matematika Jadi Mudah dengan Smartphone

Kompas.com - 08/12/2014, 15:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Kalkulator fungsinya sudah tergantikan dengan smartphone. Namun, untuk perhitungan jenis tertentu, lebih terasa intuitif dengan menuliskan formulanya di atas kertas daripada menekan tombol untuk memasukkan angka.

Nah, soal rasa yang serupa dengan menggunakan pensil dan kertas, smartphone Samsung Galaxy Note 4 bisa menggantikannya. Hal ini bisa dilakukan berkat stylus S Pen yang ada di Galaxy Note 4 yang penggunaanya bagai memegang pulpen atau pensil.

Lalu apa hubungannya antara S Pen dengan kalkulator? Bayangkan jika kita dapat melakukan penulisan kalkulasi matematis dengan mencoret-coret di atas layar, selayaknya menggunakan pensil dan kertas, namun perhitungan dilakukan otomatis oleh "otak" smartphone.

Hal itulah dapat dilakukan dengan mengkombinasikan S Pen di galaxy Note 4 dengan aplikasi MyScript Calculator. Kalkulasi yang dapat dilakukan dengan aplikasi ini tidak terbatas pada kalkulasi dasar saja. Rumus matematis kompleks, yang menggabungkan berbagai macam operator matematika sekaligus, pun bisa diprosesnya.

Memang, tidak semua operator matematika didukung oleh aplikasi ini. Namun dukungan operator matematika yang disediakan sudah cukup memadai mulai dari operator dasar seperti tambah, kali, hingga pangkat serta akar.

Aplikasi kalkulator ini gratis dan sudah terinstal di Galaxy Note 4 secara default sehingga bisa langsung digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com