Kompas.com - 08/12/2014, 15:05 WIB
Phablet Galaxy Note 4 yang dipamerkan Samsung di Jakarta oik yusuf/ kompas.comPhablet Galaxy Note 4 yang dipamerkan Samsung di Jakarta
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Kalkulator fungsinya sudah tergantikan dengan smartphone. Namun, untuk perhitungan jenis tertentu, lebih terasa intuitif dengan menuliskan formulanya di atas kertas daripada menekan tombol untuk memasukkan angka.

Nah, soal rasa yang serupa dengan menggunakan pensil dan kertas, smartphone Samsung Galaxy Note 4 bisa menggantikannya. Hal ini bisa dilakukan berkat stylus S Pen yang ada di Galaxy Note 4 yang penggunaanya bagai memegang pulpen atau pensil.

Lalu apa hubungannya antara S Pen dengan kalkulator? Bayangkan jika kita dapat melakukan penulisan kalkulasi matematis dengan mencoret-coret di atas layar, selayaknya menggunakan pensil dan kertas, namun perhitungan dilakukan otomatis oleh "otak" smartphone.

Hal itulah dapat dilakukan dengan mengkombinasikan S Pen di galaxy Note 4 dengan aplikasi MyScript Calculator. Kalkulasi yang dapat dilakukan dengan aplikasi ini tidak terbatas pada kalkulasi dasar saja. Rumus matematis kompleks, yang menggabungkan berbagai macam operator matematika sekaligus, pun bisa diprosesnya.

Memang, tidak semua operator matematika didukung oleh aplikasi ini. Namun dukungan operator matematika yang disediakan sudah cukup memadai mulai dari operator dasar seperti tambah, kali, hingga pangkat serta akar.

Aplikasi kalkulator ini gratis dan sudah terinstal di Galaxy Note 4 secara default sehingga bisa langsung digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.