Ini Perangkat yang Sudah Dukung 4G Telkomsel

Kompas.com - 08/12/2014, 15:32 WIB
Speaker mengapit layar HTC One (M8) Oik Yusuf/Kompas.comSpeaker mengapit layar HTC One (M8)
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Penduduk Indonesia akhirnya sudah dapat menikmati jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) mulai Senin (8/12/2014). Telkomsel merupakan operator seluler pertama di Tanah Air yang menghadirkan jaringan mobile broadband tersebut secara komersial.

Hingga saat ini, kebanyakan smartphone yang beredar di Indonesia memang sudah mendukung koneksi 4G. Akan tetapi, tidak semua ponsel tersebut dapat menikmati layanan 4G dari Telkomsel. Hanya ponsel yang sudah sesuai spesifikasi saja yang bisa menangkap sinyal 4G tersebut.

Lantas, spesifikasi apa yang harus dimiliki oleh sebuah perangkat agar dapat menikmati layanan 4G dari Telkomsel?

Syarat mutlak yang harus dimiliki, perangkat tersebut harus mendukung jaringan LTE di frekuensi yang sama dengan layanan dari Telkomsel, yaitu 900 MHz.

Untuk mengetahui apakah sebuah perangkat mendukung spektrum tersebut atau tidak, pengguna bisa mengecek kotak penjualan. Spesifikasi dukungan jaringan, biasanya, dicetak di kotak penjualan.

Telkomsel sendiri sebenarnya sudah memberikan informasi mengenai perangkat apa saja yang sudah mendukung spektrum tersebut.

Seperti dikutip KompasTekno dari laman web resmi Telkomsel, Senin (8/12/2014), beberapa produk terbaru dari vendor ponsel besar sudah bisa digunakan untuk mencoba layanan 4G ini. Beberapa di antaranya adalah HTC One (M8), Samsung Galaxy Alpha, LG G3, dan Sony Xperia Z3.

Berikut daftar smartphone yang sudah mendukung 4G LTE di spektrum 900 MHz:

Samsung

- Galaxy Alpha
- Galaxy Tab S 8.4
- Galaxy Tab S 10.5

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X