Mahal, Zuckerberg Kritik Produk Apple

Kompas.com - 09/12/2014, 09:18 WIB
Mark Zuckerberg saat membuka workshop Internet.org di Jakarta, Senin (13/10/2014). Oik Yusuf/KompasTeknoMark Zuckerberg saat membuka workshop Internet.org di Jakarta, Senin (13/10/2014).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Mark Zuckerberg saat membuka workshop Internet.org di Jakarta, Senin (13/10/2014).

KOMPAS.com — Meski kaya raya, miliarder muda pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, rupanya menilai harga produk-produk Apple terlalu mahal bagi konsumen. Hal ini disampaikannya lewat kritik dalam sebuah wawancara dengan Time.

"Saya frustrasi karena banyak orang yang beranggapan bahwa model bisnis iklan seolah tidak sesuai dengan kepentingan konsumen," kata Zuckerberg seperti dikutip KompasTekno dari The Huffington Post, Selasa(9/12/2014). Dia mengacu pada model bisnis Facebook yang mengandalkan iklan berdasar data pengguna.  

"Saya pikir itu konsep yang paling konyol. Apakah Anda pikir dengan membayar Apple, maka mereka akan sejalan dengan Anda? Kalau memang begitu, maka Apple akan memasarkan produk dengan harga lebih murah!" seru Zuckerberg kemudian.

Komentar Zuckerberg tersebut terlontar seperti menanggapi pernyataan yang dibuat oleh CEO Apple, Tim Cook, pada September 2014. Ketika itu Apple sedang berada di tengah skandal peretasan iCloud.

Cook berusaha mengembalikan citra Apple dengan mencontohkan perusahaan lain yang memperlakukan pengguna tak ubahnya produk target iklan. Ucapan Cook itu seakan menyindir perusahaan, seperti Facebook atau Google. 

"Saat sebuah layanan online bisa dipakai dengan gratis, Anda bukanlah penggunanya, melainkan produk di sana," tulis Cook, mengacu pada Google dan Facebook. "Kami tak membuat profil berdasar isi e-mail atau kebiasaan browsing Anda untuk kemudian dijual ke pengiklan."

Di sisi lain, Zuckerberg merasa tidak ada yang salah dengan apa yang dilakukan oleh Facebook selama ini. "Misi kami adalah menghubungkan setiap orang di seluruh dunia. Anda tak bisa melakukan itu dengan layanan berbayar," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X