Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
NAT

Evolusi Kamera, dari Kotak Kayu hingga Cameraphone

Kompas.com - 10/12/2014, 13:49 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Hampir semua ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan kamera. Namun kamera pada awalnya berada di dalam sebuah kotak kayu belaka.

Berikut adalah kilas sejarah kamera, dari teknologi awal yang menempatkannya di dalam kotak kayu hingga saat ini yang seakan tak terpisahkan dari smartphone.

ist.
Daguerreotype
1839 - Kamera komersil pertama, Daguerreotype Camera. Bentuknya yang kotak dari kayu tentu jauh berbeda dengan kamera yang ada sekarang ini.

Konica
Konica C35 AF
1978 – Konica mencetak sejarah dengan merilis kamera point-and-shoot pertama dengan auto focus yaitu Konica C35 AF (dikenal juga dengan nama Jasupin).

ist.
Apple QuickTake 100
1994 – Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Apple bekerja sama dengan Kodak pernah merilis kamera digital pertama yang ditujukan untuk konsumen umum yaitu Apple QuickTake 100.

Samsung Samsung SCH-V200

2000 – Samsung memulai penggabungan antara kamera dengan ponsel di tahun ini dengan dirilisnya ponsel pertama yang berkamera, Samsung SCH-V200. Ukuran pixel gambar yang dihasilkan masih kecil yaitu 0,3 megapixel.

Samsung
Samsung i8510.
2008 – 8 tahun setelah Samsung merilis ponsel berkamera pertama, Samsung  kembali berinovasi dengan merilis ponsel berkamera 8 MP pertama yaitu Samsung i8510.

oik yusuf/ kompas.com
Samsung Galaxy K Zoom.
2014 – Setelah lebih dari satu abad sejak kamera pertama, Samsung merilis cameraphone (gabungan dari kamera digital dan ponsel) generasi terbaru yaitu Samsung K Zoom. Kameranya dapat bertanding dengan kamera digital biasa dan dilengkapi dengan optical zoom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com