Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Pirate Bay Diputus dari Internet

Kompas.com - 11/12/2014, 12:19 WIB
KOMPAS.com - The Pirate Bay, situs yang paling terkenal untuk membagi karya-karya bajakan, diputus dari internet setelah penggerebekan di Swedia.

Kepolisian Stockholm menyita server atau mesin internet setelah menerima pengaduan dari Rights Alliance, sebuah kelompok yang ingin memberantas kejahatan internet.

Untuk pertama kali dalam beberapa tahun belakangan situs itu terputus dari internet dan bukan hanya diblok dengan sistem penyaringan.

Dan di luar dugaan, seorang pendirinya, Peter Sunde -yang sudah tidak terlibat lagi dalam situs tersebut- meminta agar The Pirate Bay diputus dari internet selamanya.

Seorang perwira dari Kepolisian Stockholm, Paul Pinter, mengatakan kepada BBC bahwa penggerebekan ditempuh setelah penyelidikan selama 'beberapa tahun' mengarahkan mereka ke sebuah lokasi tempat mesin internet yang berisi materi-materi yang terkait dengan The Pirate Bay.

Selain menyita mesin internet, beberapa orang juga diwawancarai oleh polisi namun Pinter tidak mengukuhkan apakah ada yang ditangkap atau tidak.

Penggerebekan berlangsung di kawasan Nacka, Stockhom tenggara, yang merupakan kawasan perbukitan yang digunakan sebagai sistem pendinginan alami untuk mesin internet.

Laporan-laporan menyebutkan bahwa The Pirate Bay kembali lagi ke alamat situs di Kosta Rika namun lebih merupakan salinan dari situs yang sebenarnya dengan fungsi pencarian yang tidak bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com