Kompas.com - 11/12/2014, 12:19 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - The Pirate Bay, situs yang paling terkenal untuk membagi karya-karya bajakan, diputus dari internet setelah penggerebekan di Swedia.

Kepolisian Stockholm menyita server atau mesin internet setelah menerima pengaduan dari Rights Alliance, sebuah kelompok yang ingin memberantas kejahatan internet.

Untuk pertama kali dalam beberapa tahun belakangan situs itu terputus dari internet dan bukan hanya diblok dengan sistem penyaringan.

Dan di luar dugaan, seorang pendirinya, Peter Sunde -yang sudah tidak terlibat lagi dalam situs tersebut- meminta agar The Pirate Bay diputus dari internet selamanya.

Seorang perwira dari Kepolisian Stockholm, Paul Pinter, mengatakan kepada BBC bahwa penggerebekan ditempuh setelah penyelidikan selama 'beberapa tahun' mengarahkan mereka ke sebuah lokasi tempat mesin internet yang berisi materi-materi yang terkait dengan The Pirate Bay.

Selain menyita mesin internet, beberapa orang juga diwawancarai oleh polisi namun Pinter tidak mengukuhkan apakah ada yang ditangkap atau tidak.

Penggerebekan berlangsung di kawasan Nacka, Stockhom tenggara, yang merupakan kawasan perbukitan yang digunakan sebagai sistem pendinginan alami untuk mesin internet.

Laporan-laporan menyebutkan bahwa The Pirate Bay kembali lagi ke alamat situs di Kosta Rika namun lebih merupakan salinan dari situs yang sebenarnya dengan fungsi pencarian yang tidak bekerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.