Harbolnas, Trafik Internet Indonesia "Tak Lazim" - Kompas.com

Harbolnas, Trafik Internet Indonesia "Tak Lazim"

Kompas.com - 12/12/2014, 17:29 WIB
ist
Ilustrasi Internet

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna internet tanah air benar-benar memanfaatkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang berlangsung hari ini, Jumat (12/12/2014). Trafik internet Indonesia menunjukkan gejala "tak lazim" sepanjang hari yang dipenuhi dengan diskon di puluhan toko online tersebut.

Menurut praktisi telekomunikasi sekaligus Chairman Internetindo Data Center (IDC) Indonesia, Johar Alam Rangkuti, hari Jumat ini trafik lokal yang melewati OpenIXP lebih tinggi dari biasanya, yaitu sebesar 170,2 Giga bps.

"Normalnya bulan-bulan lalu, peak traffic adalah 150 - 160 Giga," kata Johar saat dihubungi KompasTekno.

Johar mengatakan, yang dimaksud peak traffic adalah titik trafik tertinggi, bukan jumlah total tertinggi atau trafik rata-rata. Angka tersebut juga benar-benar murni trafik internet lokal Indonesia. Selain itu, trafik internet dari layanan luar, seperti BlackBerry, Facebook, Twitter, dan lainnya tidak masuk hitungan.

Titik lonjakan tertinggi internet lokal Indonesia, menurut Johar, sudah terjadi pada masa kampanye pemilihan presiden beberapa waktu yang lalu. Kala itu, titik tertinggi sempat mencapai 180 Giga bps.

Ajang Harbolnas 2014 sendiri dapat dikatakan sebagai momen lonjakan internet lokal tertinggi kedua, setelah masa pilpres tersebut.

Acara Harbolnas sendiri baru diadakan beberapa tahun belakangan ini. Harbolnas biasanya dijadikan sebagai ajang e-commerce Indonesia untuk menjual barang dengan diskon besar-besaran. Beberapa situs yang mengikuti acara ini, seperti Lazada, Zalora, Bhinneka.com, BliBli.com, dan Elevenia.co.id.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDeliusno
EditorReza Wahyudi


Close Ads X