Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Ada Versi Desktop?

Kompas.com - 15/12/2014, 13:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Logo WhatsApp.

KOMPAS.com - Tak seperti sejumlah aplikasi lain sejenisnya, WhatsApp hanya bisa digunakan di perangkat mobile lantaran terkoneksi dengan nomor seluler pengguna.

Nah, kalau kabar yang satu ini memang benar, "monopoli" tersebut bakal berakhir.

Menurut laporan Android Police yang dikutip oleh Kompas Tekno, Senin (15/12/2014), WhatsApp agaknya sedang mencoba-coba mengembangkan versi aplikasi untuk komputer desktop.

Informasi ini diketahui setelah file instalasi APK WhatsApp coba dibedah. Di dalamnya terdapat sejumlah referensi menyangkut "WhatsApp Web" dan kegiatan "login" dan "logout" dari komputer.

Ada juga keterangan soal melacak status dan aktivitas pengguna di peramban web. String soal WhatsApp web telah dihilangkan di update terbaru dari aplikasi itu, tapi masih bisa dilihat di versi 2.11.471.

Android World Screenshot WhatsApp memperlihatkan aktivitas desktop di browser Chrome

Sebuah tangkapan gambar (screenshot) memperlihatkan log aktivitas WhastApp di peramban Chrome untuk OS X dan Windows, sehingga menguatkan dugaan bahwa WhatsApp sedang bereksperimen untuk merilis aplikasi versi web.

Di samping itu, pendiri Telegram Pavel Durov juga memberikan pengakuan bahwa WhatsApp mencoba merekrut tenaga pengembang aplikasi web perusahaannya.

Telegram adalah layanan pesan instan pesaing WhatsApp yang menawarkan fitur privasi dan aplikasi untuk desktop dan web untuk diferensiasi dan menumbuhkan basis pengguna.

WhatsApp telah mulai meningkatkan privasi lewat enkripsi pesan. Tapi hingga kini perusahaan itu masih belum memiliki aplikasi desktop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com