Kompas.com - 15/12/2014, 13:31 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Logo WhatsApp.

KOMPAS.com - Tak seperti sejumlah aplikasi lain sejenisnya, WhatsApp hanya bisa digunakan di perangkat mobile lantaran terkoneksi dengan nomor seluler pengguna.

Nah, kalau kabar yang satu ini memang benar, "monopoli" tersebut bakal berakhir.

Menurut laporan Android Police yang dikutip oleh Kompas Tekno, Senin (15/12/2014), WhatsApp agaknya sedang mencoba-coba mengembangkan versi aplikasi untuk komputer desktop.

Informasi ini diketahui setelah file instalasi APK WhatsApp coba dibedah. Di dalamnya terdapat sejumlah referensi menyangkut "WhatsApp Web" dan kegiatan "login" dan "logout" dari komputer.

Ada juga keterangan soal melacak status dan aktivitas pengguna di peramban web. String soal WhatsApp web telah dihilangkan di update terbaru dari aplikasi itu, tapi masih bisa dilihat di versi 2.11.471.

Android World Screenshot WhatsApp memperlihatkan aktivitas desktop di browser Chrome

Sebuah tangkapan gambar (screenshot) memperlihatkan log aktivitas WhastApp di peramban Chrome untuk OS X dan Windows, sehingga menguatkan dugaan bahwa WhatsApp sedang bereksperimen untuk merilis aplikasi versi web.

Di samping itu, pendiri Telegram Pavel Durov juga memberikan pengakuan bahwa WhatsApp mencoba merekrut tenaga pengembang aplikasi web perusahaannya.

Telegram adalah layanan pesan instan pesaing WhatsApp yang menawarkan fitur privasi dan aplikasi untuk desktop dan web untuk diferensiasi dan menumbuhkan basis pengguna.

WhatsApp telah mulai meningkatkan privasi lewat enkripsi pesan. Tapi hingga kini perusahaan itu masih belum memiliki aplikasi desktop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.