Kompas.com - 15/12/2014, 16:43 WIB
Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg ketika mendengarkan pertanyaan wartawan dalam sesi tanya jawab lokakarya Mobile Efficiency Developer Workshop di Jakarta, Senin (13/10/2014) oik yusuf/ kompas.comPendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg ketika mendengarkan pertanyaan wartawan dalam sesi tanya jawab lokakarya Mobile Efficiency Developer Workshop di Jakarta, Senin (13/10/2014)
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Facebook telah resmi meninggalkan Bing, mesin pencari besutan Microsoft. Hasil penelusuran web dari Bing kini sudah hilang dari kolom pencarian di jejaring sosial itu.

Sebagai gantinya, Facebook menambahkan tools baru yang bertujuan memperkuat Facebook Graph Search. Tampaknya, Facebook memang ingin fokus pada mesin pencarinya sendiri tersebut.

Fungsi utama mesin pencari milik Facebook itu adalah membantu saling menghubungkan serta mempermudah pencarian informasi yang tersebar dalam 1,35 miliar wall penggunanya.

Hal itu berbeda dengan peran Bing yang memberikan data eksternal yang merujuk ke situs-situs tertentu, di luar Facebook, sesuai kata kunci pengguna.

“Saat ini kami tidak menyertakan hasil penelusuran web dalam Facebook Search karena kami fokus untuk membantu orang menemukan informasi yang sudah dibagikan padanya,” ujar juru bicara jejaring sosial tersebut seperti dilansir KompasTekno via Reuters, Senin (15/12/2014).

Tools terbaru pada pencarian Facebook itu berfungsi untuk mempercepat penelusuran komentar-komentar yang pernah diunggah, serta informasi lain yang diunggah oleh teman pengguna Facebook.

Microsoft belum mengeluarkan komentar apapun terkait hal ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penting untuk Facebook

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, menyebut aktivitas pencarian sebagai hal penting bagi pertumbuhan Facebook. Aktivitas pencarian di Facebook kini mencapai lebih dari 1 miliar query per hari.

Dengan jumlah pencarian sebesar itu, dan melimpahnya informasi yang di-posting di Facebook, Zuckerberg mengatakan, pengguna tak perlu mencari ke luar Facebook untuk menjawab pertanyaan tertentu.

Jumlah posting di Facebook saat ini, menurut Zuckerberg, ada lebih dari satu triliun post. "Beberapa orang di tim  mesin pencari senang mengingatkan saya bahwa jumlah ini lebih besar dari yang dimiliki situs pencarian lain di luar sana," ujarnya dalam sebuah telekonferensi, Juli 2014.

Meski meninggalkan Bing, Facebook masih memiliki hubungan dengan Microsoft. Hubungan itu termasuk 1,6 persen saham yang dimiliki Microsoft di Facebook lewat investasi 240 juta dollar AS pada Oktober 2007.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X