Kompas.com - 16/12/2014, 12:29 WIB
Kantor Xiaomi chinamobilemag.comKantor Xiaomi
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Xiaomi yang tercatat sebagai vendor smartphone terbesar ketiga di bawah Samsung dan Apple ternyata "belum besar" dalam soal pendapatan bersih perusahaan.

Laba bersih (net profit) yang diraih oleh Xiaomi pada tahun 2013 lalu ternyata tidak terlalu besar, bahkan bisa dibilang sangat tipis.

Menurut laporan dari Bursa Saham Shenzhen, seperti KompasTekno kutip dari Reuters, Selasa (16/12/2014), Xiaomi mendapatkan laba bersih sebesar 347,5 juta yuan atau sekitar 56 juta dollar AS pada tahun lalu.

Nilai laba bersih tersebut berbeda sangat jauh dari jumlah pendapatannya. Tahun 2013 lalu, Xiaomi meraup pendapatan sebesar 26,6 miliar yuan atau setara 4,3 miliar dollar AS.

Sementara, operating margin dari perusahaan asal Tiongkok pada tahun 2013 lalu hanya tercatat sebesar 1,8 persen saja. Angka ini sangat kecil, jika dibandingkan dengan dua vendor smartphone papan atas lainnya, yakni Apple dan Samsung.

Baca juga: Ini Rahasia Harga Murah dari Xiaomi

Divisi mobile Samsung mencatat operating margin sebesar 18,7 persen pada tahun 2013 lalu. Sedangkan, Apple mencatat angka yang lebih besar lagi, 28,7 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Juru bicara Xiaomi sendiri membenarkan laporan tersebut. Akan tetapi, menurutnya, angka pendapatan tersebut tidak mencakup keseluruhan dari bisnis Xiaomi.

Saat ini, bisnis smartphone dan tablet Xiaomi memang lebih dipusatkan di pasar Asia. Fokus terbesar Xiaomi sendiri berada di Tiongkok, India, dan Indonesia. Perusahaan asal Tiongkok ini belum mulai mengembangkan sayapnya ke pasar negara Barat.

Produk smartphone dan tablet milik Xiaomi selama ini dikenal memiliki harga yang terjangkau, tetapi tetap dipersenjatai dengan spesifikasi yang tinggi.

Pemasaran lewat jalur online merupakan salah satu kunci, mengapa Xiaomi bisa menjual perangkat yang lebih murah ketimbang tawaran yang sekelas dari kompetitor.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.