Kompas.com - 16/12/2014, 15:46 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Seperti pendahulu-pendahulunya, Galaxy Note 4 dilengkapi dengan stylus bernama S Pen. Perangkat itu kini semakin akurat dan semakin cepat memproses gerakan tangan penggunanya.

Mungkin ada beberapa yang bertanya, untuk apa stylus tersebut ketika kita ada jari untuk mengoperasikan Galaxy Note 4?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu disadari dulu bahwa tidak semua hal dapat dengan mudah kita lakukan di smartphone dengan jari.

Beberapa contohnya adalah menandatangani dokumen digital, membuat gambar sketsa, dan menulis perhitungan matematis yang kompleks.

Bayangkan jika harus membuat gambar sketsa di smartphone menggunakan jari, padahal biasanya kita menggunakan bantuan pensil atau pulpen untuk membuat sketsa. Jika dipaksakan menggunakan jari tentu bisa saja, namun tidak akan seoptimal ketika menggunakan stylus.

Walaupun S Pen dapat menggantikan jari kita dalam mengoperasikan Galaxy Note 4, tentu ada saat-saat di mana lebih baik menggunakan jari.

Contohnya adalah ketika kita berdiri di kereta, akan sulit mengoperasikan Galaxy Note 4 menggunakan stylus sedangkan salah satu tangan kita harus berpegangan agar tidak mudah jatuh.

Sederhananya, untuk menentukan momen yang pas untuk menggunakan stylus, lihat saja apa yang biasa kita lakukan di dunia nyata menggunakan pensil atau pulpen.

Akan lebih terasa nyaman dan natural juga ketika kita melakukan hal-hal tersebut di Galaxy Note 4 menggunakan S Pen dibanding menggunakan jari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.