Kompas.com - 16/12/2014, 16:57 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Google hari ini, Selasa (16/12/2014), resmi meluncurkan daftar pencarian terpopuler di seluruh dunia. Data pencarian dari 72 negara dengan populasi online besar, termasuk Indonesia, dirangkum untuk memperlihatkan topik mana saja yang paling banyak dicari oleh warga internet dunia lewat Google.

Di wilayah Indonesia, nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sebagaimana ia biasa dipanggil, menduduki urutan teratas daftar pencarian terpopuler, disusul oleh pesaingnya pada masa Pemilu Presiden 2014 lalu, Prabowo Subianto, yang muncul di urutan kedua.

"Tahun ini karena ada pemilu maka di top search Google muncul nama Jokowi, berikut dengan hal-hal lain yang berhubungan dengan pilpres," ujar Consumer Marketing Manager Google Indonesia Sandy Tantra ketika ditemui Kompas Tekno dalam jumpa pers di Jakarta.

Setiap menjelang akhir tahun, Google secara rutin merilis daftar topik yang paling banyak dicari melalui layanannya. Menurut Sandy, tren pencarian di Google berubah-ubah sesuai dengan topik hangat yang mengemuka di masyarakat pada tahun tersebut.

"Tren ke depan akan berbeda lagi karena tidak ada pilpres. Mudah-mudahan juga tidak ada kecelakaan fatal lagi," tambah Sandy, mengacu pada kejadian hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 yang juga masuk dalam 10 besar pencarian teratas.

Sepuluh besar topik yang menduduki daftar pencarian teratas secara umum dapat dilihat di bawah.

Selain itu, top charts Google Search pencarian tahun ini turut menampilkan hasil pencarian terpopuler di Indonesia dari 12 kategori berbeda, mulai dari musik, tokoh, lagu, gadget, hingga resep makanan paling banyak dicari. Daftar selengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

Daftar pencarian terpopuler Google di Indonesia 2014:
1. Jokowi
2. Prabowo
3. CPNS 2014
4. Isis
5. Sakitnya Tuh di Sini
6. Nagita Slavina
7. MH 370
8. Pilpres 2014
9. Kabinet Jokowi
10. Ebola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.