Jepang Suka "Gadget", Indonesia Doyan Gosip

Kompas.com - 17/12/2014, 08:16 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com — Daftar penelusuran terpopuler Google Trends 2014 mengungkap banyak hal menarik soal pencarian online yang dilakukan oleh masyarakat internet dunia sepanjang tahun 2014 hingga saat ini.

Consumer Marketing Manager Google Indonesia, Sandy Tantra, mengatakan bahwa pihaknya menangkap kecenderungan tersendiri dari netter di tiap-tiap negara soal pencarian informasi lewat search engine.

Dia mencontohkan Indonesia, di mana warga online memiliki kebiasaan yang konsisten dari tahun ke tahun, yakni mencari gosip alias informasi mengenai artis. "Rata-rata beda preferensi. Orang di Jepang lebih banyak mencari soal gadget, sementara Indonesia lebih mengarah ke entertainment," kata Sandy saat dijumpai KompasTekno seusai acara jumpa pers Google di Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Masih soal pencarian Google di Indonesia, Sandy menambahkan bahwa netter Tanah Air sudah lebih banyak melakukan searching dari perangkat mobile seperti smartphone ketimbang komputer desktop tradisional. Oleh sebab itu, Google telah mulai menyesuaikan layanannya agar lebih mudah digunakan lewat gadget.

Dia mencontohkan layanan voice search yang ditambahkan Google agar pengguna tak perlu repot mengetik kata kunci di ponsel saat sedang sibuk. "Kami juga memiliki tim yang mengembangkan layanan itu agar lebih mudah mengerti query yang disuarakan dalam bahasa Indonesia," kata Sandy.

Daftar penelurusan terpopuler Google Trends 2014 disusun berdasarkan data kegiatan online searching dari 72 negara dengan populasi online besar, termasuk Indonesia. Tahun ini Google menyajikan daftar pencarian teratas yang dibagi dalam 13 kategori, mencakup tema-tema seperti lagu, gadget, tokoh, hingga acara TV terpopuler.

"Tahun ini di Indonesia ada penambahan kategori bernama 'Apa Itu' yang berisi pencarian informasi tentang sesuatu hal, juga kesehatan yang menunjukkan meningkatnya concern orang Indonesia terhadap hal ini," ujar Sandy.

Selengkapnya, daftar penelusuran terpopuler Google sepanjang 2014 di Indonesia dapat dilihat di tautan ini. Untuk melihat daftar yang berlaku secara global, kunjungi link berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.