Kompas.com - 17/12/2014, 10:26 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel yang baru saja meluncurkan layanan komersil 4G LTE berharap harga perangkat yang mendukung 4G di tahun depan akan semakin lebih murah.

Hal itu dipicu oleh harga chip yang mendukung teknologi 4G LTE yang dijanjikan oleh produsen  akan dijual lebih murah lagi.

"Tahun depan, vendor-vendor lokal diharapkan bisa menjual smartphone 4G yang murah, karena kata Qualcomm (produsen chip), chip-nya akan semakin murah," kata Hendri Mulya Syam, Senior Vice President LTE Project Telkomsel kepada KompasTekno, Selasa (16/12/2014).

Dijelaskan oleh Hendri, saat peluncuran 4G LTE Telkomsel minggu lalu, baru beberapa vendor saja yang menyediakan perangkat yang mendukung 4G LTE, seperti smartphone-smartphone buatan Samsung, LG, Nokia, Sony, dan sebagainya.

Pada tahun depan, dengan harga chip yang mendukung teknologi 4G yang semakin murah, diharapkan vendor-vendor lokal pun turut memproduksi smartphone 4G yang harganya kian terjangkau.

"Vendor lokal di kuartal kedua tahun depan semoga bisa jualan perangkat 4G dengan harga Rp 1 jutaan," terang Hendri.

Dengan perangkat murah yang mendukung 4G LTE, maka adopsi teknologi koneksi data generasi ke-4 itu diharapkan akan semakin cepat.

"Kalau harganya sudah sampai Rp 1 jutaan, maka adopsinya diharap bukan dari 3G ke 4G, namun langsung dari 2G ke 4G," demikian jelas Hendri.

Untuk diketahui, saat ini perangkat-perangkat yang mendukung teknologi 4G LTE dari brand-brand internasional di pasaran dibanderol harga sekitar Rp 7 jutaan. Sementara untuk brand lokal, harganya masih berkisar di Rp 3 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.