Telkomsel: 2015, Smartphone 4G Jadi Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 17/12/2014, 10:26 WIB
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com
Smartphone Android terbaru besutan Sony, Xperia Z3 yang sudah mendukung koneksi 4G LTE.
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel yang baru saja meluncurkan layanan komersil 4G LTE berharap harga perangkat yang mendukung 4G di tahun depan akan semakin lebih murah.

Hal itu dipicu oleh harga chip yang mendukung teknologi 4G LTE yang dijanjikan oleh produsen  akan dijual lebih murah lagi.

"Tahun depan, vendor-vendor lokal diharapkan bisa menjual smartphone 4G yang murah, karena kata Qualcomm (produsen chip), chip-nya akan semakin murah," kata Hendri Mulya Syam, Senior Vice President LTE Project Telkomsel kepada KompasTekno, Selasa (16/12/2014).

Dijelaskan oleh Hendri, saat peluncuran 4G LTE Telkomsel minggu lalu, baru beberapa vendor saja yang menyediakan perangkat yang mendukung 4G LTE, seperti smartphone-smartphone buatan Samsung, LG, Nokia, Sony, dan sebagainya.

Pada tahun depan, dengan harga chip yang mendukung teknologi 4G yang semakin murah, diharapkan vendor-vendor lokal pun turut memproduksi smartphone 4G yang harganya kian terjangkau.

"Vendor lokal di kuartal kedua tahun depan semoga bisa jualan perangkat 4G dengan harga Rp 1 jutaan," terang Hendri.

Dengan perangkat murah yang mendukung 4G LTE, maka adopsi teknologi koneksi data generasi ke-4 itu diharapkan akan semakin cepat.

"Kalau harganya sudah sampai Rp 1 jutaan, maka adopsinya diharap bukan dari 3G ke 4G, namun langsung dari 2G ke 4G," demikian jelas Hendri.

Untuk diketahui, saat ini perangkat-perangkat yang mendukung teknologi 4G LTE dari brand-brand internasional di pasaran dibanderol harga sekitar Rp 7 jutaan. Sementara untuk brand lokal, harganya masih berkisar di Rp 3 jutaan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReza Wahyudi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X