10 "Gadget" yang Paling Sering Di-"googling" Orang Indonesia

Kompas.com - 17/12/2014, 14:59 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — iPhone 6 menjadi gadget yang paling dicari oleh pengguna layanan Google Search di Indonesia sepanjang tahun 2014. Hal tersebut terungkap dari daftar penelusuran terpopuler Google Trends yang dirilis oleh Google pada Selasa (16/12/2014).

iPhone 6 yang diluncurkan pada September 2014 itu berhasil mengalahkan gadget lain dalam daftar pencarian Google, seperti Samsung dan BlackBerry.

Perangkat besutan Samsung sendiri mendominasi daftar sepuluh pencarian terpopuler kategori gadget, bahkan mencapai separuhnya atau lima jenis gadget.

Tak heran, sebab Samsung merupakan vendor yang paling rajin menelurkan smartphone Android dalam satu tahun. Portofolio smartphone Android Samsung juga tergolong komplet, dari kelas low-end hingga premium.

Samsung juga saat ini menjadi penguasa pasar smartphone Android di dunia. Menurut data Gartner, pangsa pasar Samsung di kuartal ketiga 2014 mencapai 24,4 persen.

Yang di luar dugaan, perangkat smartphone Android Nokia X justru berada di urutan kedua daftar gadget paling banyak dicari di Google.

Nokia X adalah smartphone Android pertama Nokia yang diluncurkan setelah perusahaan tersebut diakuisisi oleh Microsoft. Perangkat ini mulai dijual di Indonesia pada Maret 2014.

Dari daftar pencarian gadget terpopuler versi Google tersebut juga tecermin bahwa sistem operasi Android saat ini paling banyak dicari di Indonesia dibandingkan iOS ataupun BlackBerry.

Berikut adalah daftar 10 pencarian gadget terpopuler menurut Google Trends sepanjang 2014:

1. iPhone 6
2. Nokia X
3. Samsung Galaxy Core
4. ASUS Zenphone 5
5. Samsung Galaxy S5
6. Samsung Galaxy V
7. Samsung Galaxy S4
8. iPhone 5S
9. BlackBerry Z3
10. Samsung Galaxy Grand

Untuk daftar penelusuran terpopuler Google sepanjang 2014 di Indonesia dari kategori selain gadget dapat dilihat di tautan ini. Untuk melihat daftar yang berlaku secara global, kunjungi tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.