Kompas.com - 17/12/2014, 16:39 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi.

KOMPAS.com - Meski pangsa pasar perangkat BlackBerry di Indonesia telah jauh menurun, aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) bikinan perusahaan itu rupanya masih populer di kalangan warga online tanah air.

Fenomena ini tampak dari daftar penelusuran terpopuler Google yang dipublikasikan pada Selasa (16/12/2014) kemarin. Daftar tersebut menampilkan rangkaian kata kunci dari berbagai macam tema yang paling banyak dicari lewat layanan search engine Google.

Untuk kategori aplikasi chat paling banyak dicari oleh netter Indonesia sepanjang tahun ini, Google mengungkapkan bahwa BBM menduduki urutan teratas.

Di bawah BBM, aplikasi pesan instan  WhatsApp menempati urutan kedua, disusul oleh Line, WeChat, dan Skype yang masing-masing menempati posisi tiga, empat, dan lima.

Sebelumnya, pada pertengahan 2014, lembaga riset pasar Nielsen sempat mengungkapkan bahwa BBM memang merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak dipakai oleh  pengguna smartphone Indonesia.

Orang Jakarta disebut menghabiskan 23 menit setiap harinya untuk ngerumpi lewat aplikasi chatting itu.  

Daftar aplikasi chat terpopuler selengkapnya bisa dilihat di bawah.  Selain aplikasi chat, daftar Google turut menampilkan daftar pencarian terpopuler dari 12 kategori lain, mulai dari lagu, gadget, tokoh, hingga resep makanan paling banyak dicari di Indonesia.

Daftar aplikasi chat paling dicari di Indonesia
1. BBM
2. WhatsApp
3. Line
4. WeChat
5. Skype
6. Yahoo Messenger
7. Facebook Messenger
8. Kakao Talk
9. Bee Talk
10. Kik Messenger

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.