BlackBerry Classic Resmi, Tombol Lawas Kembali

Kompas.com - 18/12/2014, 09:58 WIB
BlackBerry Classic sedang dipamerkan oleh John Chen, CEO BlackBerry BlackBerryBlackBerry Classic sedang dipamerkan oleh John Chen, CEO BlackBerry
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Menunggu selama nyaris satu tahun lamanya, BlackBerry akhirnya resmi melepas produk BlackBerry Classic atau BlackBerry Q20, ke pasaran. Peresmian produk ini sendiri dilakukan dalam sebuah acara peluncuran di New York, Amerika Serikat, Rabu (17/12/2014).

Tidak ada kejutan baru dari BlackBerry Classic ini. Sebelumnya, perusahaan asal Kanada tersebut memang sudah memperkenalkan perangkat ini pada ajang Mobile World Congress 2014 di bulan Februari lalu.

Mengusung nama "Classic", produk yang satu ini dibekali dengan fitur-fitur "klasik" a la BlackBerry. Beberapa di antaranya, keyboard QWERTY dan touchpad.

Setelah lama menghilang, tombol-tombol lawas/klasik BlackBerry pun kembali muncul. Salah satu tombol tersebut adalah tombol Menu, yang dilambangkan dengan logo BlackBerry.

Masih ingat dengan game BrickBreaker yang terdapat di perangkat-perangkat lawas BlackBerry? Nah, BlackBerry pun tidak lupa menyertakan game ini di Q20 agar kesan klasik dari perangkat ini semakin kental.

Pihak BlackBerry sendiri, seperti KompasTekno kutip dari The Verge, mengungkapkan bahwa ponsel ini diharapkan dapat menarik pengguna yang mencari pengalaman produk BlackBerry tradisional.

Meskipun hadir dalam bentuk klasik, BlackBerry Classic mengalami berbagai peningkatan dalam segi spesifikasi dan juga sistem operasi. Tentunya, agar produk tersebut tetap dapat mengikuti tren masa kini.

BlackBerry Classic memiliki layar sentuh berbentuk kotak dengan bentang 3,5 inci dengan resolusi 720 x 720 piksel.

Ia akan dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm 1,5 GHz dual-core, RAM 2 GB, dan media penyimpanan internal 16 GB yang dapat ditingkatkan hingga 128 GB dengan kartu microSD.

Dari sisi kamera, Classic dilengkapi kamera 8 megapiksel di bagian belakang dan kamera 2 megapiksel di bagian depan. Perangkat ini sendiri nantinya akan berjalan di sistem operasi BlackBerry 10.3.  

Berbeda dari BlackBerry lawas, komponen baterai sebesar 2515 mAh milik BlackBerry Q20 tidak bisa dicopot atau dilepas.

BlackBerry Classic atau BlackBerry Q20 ini dikatakan akan segera tersedia di seluruh dunia. Di AS sendiri, produk tersebut dijual dengan harga 449 dollar AS atau sekitar Rp 5,7 juta.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X