Cara Beli Aplikasi Android dengan Potong Pulsa

Kompas.com - 18/12/2014, 15:52 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebelumnya, pengguna Android di Indonesia harus memiliki kartu kredit untuk  membeli aplikasi maupun komponen game berbayar (in-app purchase) di Google Play Store. Kini hambatan tersebut mulai terurai, setidaknya untuk untuk pengguna Indosat.

Awal Desember lalu, Indosat memang telah mengumumkan ketersediaaan fitur carrier billing untuk semua pelanggannya yang menggunakan Android.

Fungsi carrier billing ini memungkinkan pembelian aplikasi/konten dimasukkan dalam tagihan bulanan pelanggan pascabayar atau potong pulsa untuk pengguna prabayar.

Syarat untuk bisa menggunakan opsi ini adalah memiliki akun Gmail serta nomor operator tertentu, saat ini baru berlaku untuk Indosat, yang sudah menerima carrier billing.

Setelah diaktifkan, metode potong pulsa ini bisa dipakai untuk membeli berbagai aplikasi, buku dan majalah digital yang terdapat di Google Play Store maupun In-App Purchase dalam game dengan cara potong pulsa.

Bagaimana caranya mengaktifkan carrier billing itu? Berikut ini panduan yang disusun KompasTekno, Kamis (18/12/2014) untuk mengaktivasi sistem potong pulsa menggunakan operator Indosat.

1. Pertama bukalah Google Play Store dari gadget Android yang Anda gunakan lalu klik menu "hamburger" yang ada di kiri atas layar. Kemudian, pilih tab "My Account".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Play Store My Account di Google Play Store.
2. Opsi Payment Methods akan terbuka dan di dalamnya terlihat pilihan metode pembayaran: Add credit or debit card, Enable [carrier] billing, dan Redeem. Pilih opsi Enable [carrier] billing.

Play Store Opsi Payment Methods di Play Store.

3. Setelah memilih opsi Enable Carrier Billing, akan muncul pemberitahuan verifikasi akun. Anda pun akan diminta memasukkan nomor telepon, nama serta alamat. Setelah mengisi semua data itu, pilih opsi Save.

Play Store Konfigurasi untuk pembelian aplikasi Android untuk pelanggan Indosat.
4.Selanjutnya akan ada pemberitahuan via SMS yang dikirimkan ke nomor yang Anda daftarkan.

Play Store Konfirmasi pengaktifan carrier billing Indosat untuk Play Store.
Setelah melalui langkah-langkah tersebut, pengguna sudah bisa membeli aplikasi, game, majalah, buku maupun In-App Purchase menggunakan metode potong pulsa.

Contoh In-App Purchase yang bisa dibeli antara lain berupa stiker dalam Path, perpanjangan layanan WhatsApp, dan item-item yang dijual dalam game atau aplikasi.

Play Store Aplikasi, stiker, buku, item game, dan lainnya sudah dibeli pengguna Android dennga sistem potong pulsa.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.