Kompas.com - 19/12/2014, 08:55 WIB
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Jejaring sosial Path telah merilis update terbaru aplikasi mereka untuk perangkat Android dan iOS pada minggu ini. Dengan update tersebut, kini pengguna bisa membungkam (mute) suatu momen dan mengatur agar tag hanya bisa diberikan oleh teman saja.

Mungkin sering di antara pengguna Path mendapatkan tag yang sifatnya "keroyokan" dari suatu postingan teman. Kadang kala, tag tersebut membuat tidak nyaman, entah karena postingan yang tidak relevan, atau notifikasi yang terus muncul karena banyaknya kontak yang di-tag yang memberikan komen.

ist
Contoh postingan di Path yang memiliki banyak tag. Pengguna kini bisa menghilangkan tag tersebut jika tidak menginginkan melalui fitur Mute this moment.
Kini, nampaknya Path memahami ketidaknyamanan penggunanya itu dan menambah fitur Mute this moment. Bagaimana cara melakukannya?

Untuk membungkam suatu momen, tentu saja pengguna harus mendapatkan tag terlebih dahulu dari postingan moment teman. Jika tag tersebut dirasa tidak nyaman, mereka bisa mengakses fitur mute moment dengan hanya tap di bagian deretan nama yang di-tag.

Setelah itu, akan muncul jendela baru yang menampilkan dertan nama-nama kontak yang di-tag, bisa jadi di antara nama-nama tersebut ada yang tidak dikenal karena belum menjadi kontak.

Scroll jendela yang menampilkan nama-nama kontak yang di-tag tersebuthingga ke paling bawah. Di deretan paling bawah itu, pengguna akan menemukan menu "Mute this moment."

ist
Fitur Mute this moment di Path.
Tap menu tersebut dan pengguna tidak akan lagi mendapatkan notifikasi pembaruan dari postingan.

Namun perlu diingat, aksi ini hanya bersifat satu arah. Artinya, setelah memilih untuk Mute moment tersebut, dan menghilangkan tag, maka pengguna tidak bisa melakukan hal yang sebaliknya, yaitu mengembalikan tag atau "Unmute."

Fitur lain yang ditambahkan oleh Path adalah pilihan yang membuat hanya teman saja yang bisa memberi tag. Menu tersebut terdapat dalam menu Settings di bagian Privacy.

Untuk mengaksesnya, pengguna bisa membuka menu Settings dari tombol tiga titik di pojok kanan atas Path (di halaman utama Moment, bukan Profile). Setelah itu akan muncul halaman Settings yang di dalamnya terdapat bagian Privacy.

ist Menu only friends can tag me di Path
Di bagian tersebut terdapat dua pilihan, yaitu Only friends can find me dan Only friends can tag me. Fitur tersebut bisa diaktifkan dengan memberikan tanda centang di sebelah kanan pilihan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.