Kompas.com - 21/12/2014, 16:10 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Pembuat malware atau program jahat "Gadis Mabuk" di Facebook tampaknya benar-benar cerdik dan liat. Bagaimana tidak, dua minggu setelah berhasil dideteksi, "karya jahat" dari si pembuat masih banyak berkeliaran di jejaring sosial tersebut.

Pancingan dari si pembuat pun semakin bervariasi. Menurut pantauan perusahaan keamanan Vaksincom, setidaknya ada empat kalimat provokatif yang dibuat untuk menipu pengguna Facebook

Ketiganya adalah "wanita mabuk setelah pesat", "bukannya menolong, pria justru memanfaatkan wanita mabuk ini", "raksasa ular makan manusia", dan "heboh! gadis mabuk mencabuli sebatang pohon".

Tidak hanya dalam bentuk kata-kata, posting yang berisikan tautan menuju situs berisikan malware jahat tersebut juga disertakan preview video dengan adegan yang kurang pantas atau klenik.

"Pembuat malware termasuk sangat rajin mencari alternatif dan variasi tema untuk menarik perhatian korbannya, seperti 'Raksasa ular makan manusia'," tulis Alfons Tanujaya, analis Vaksincom, dalam keterangan persnya.

Kerugian jika terkena jebakan

Masih sama dengan "Gadis Mabuk" beberapa waktu lalu, variasi baru yang banyak beredar di Facebook belakangan ini masih bertujuan untuk membuat malu para korbannya.

Apabila terkena malware ini, akun Facebook korban secara otomatis akan melakukan posting gambar "kurang senonoh". Tidak itu saja, posting tersebut akan di-tag ke teman-teman yang ada di akun Facebook korban.

Khusus untuk "Raksasa ular makan manusia", menurut hasil analisis Alfons, korban biasanya akan dibawa ke akun YouTube tertentu. Saat ada yang terpancing, si pembuat malware bisa mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di akun tersebut.

Saat ditanya apakah malware ini berpengaruh di perangkat berbasis Android atau tidak, Alfons mengatakan malware itu akan mengarahkan ke iklan dan otomatis membuka Google Play untuk memasang aplikasi-aplikasi tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.