Review: Sony Xperia Z3, Desain Sama Rasa Beda

Kompas.com - 22/12/2014, 13:41 WIB
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com
Sony Xperia Z3 memiliki rating ketahanan IP65/68 sehingga tahan di bawah air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.
JAKARTA, KOMPAS.com - Penggemar Sony di Indonesia boleh bergembira, sebab Sony telah memasarkan generasi penerus smartphone premium Xperia, yaitu seri Z3 di Indonesia.

KompasTekno mendapat kesempatan menjajal smartphone Xperia Z3 yang dipasarkan dengan banderol harga Rp 8,5 juta ini.

Melihat desainnya, Xperia Z3 menganut pakem yang sama dengan lini Xperia sebelumnya, bentuk kotak panjang dengan bahan logam dan sentuhan yang mengkilat di belakangnya.

Namun, jika dilihat lebih dekat lagi, Sony kini mengusung desain yang lebih membulat dalam lini Xperia Z3. Hal itu terlihat pada bagian sisi-sisi Z3 berikut keempat sudut bodi smartphone.

Tak banyak yang tahu, namun Sony membuat rangka di ujung tepi Xperia Z3 dengan materi yang diperkuat. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah kerusakan apabila smartphone terjatuh.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com
Sony Xperia Z3 dalam genggaman.

Reska K. Nistanto/KompasTekno
Sudut-sudut smartphone Sony Xperia Z3 dibuat dari materi yang lebih keras untuk meredam benturan. Terlihat juga jack audio 3,5 mm yang terdapat di sisi atas smartphone sebelah kiri.
Xperia Z3 sendiri memiliki bodi dengan rating IP 65/68 yang membuat perangkat ini tahan terhadap benturan bila jatuh dari ketinggian 2 meter. Selain itu, bodi Z3 juga tahan terhadap siraman air, dan direndam di kedalaman 1,5 meter di bawah air selama 30 menit.

Walau sama-sama mengusung layar 5,2 inci, setidaknya ada beberapa peningkatan yang diberikan oleh Sony dalam Xperia Z3 dibanding pendahulunya, Xperia Z2.

Hal tersebut di antaranya adalah dimensi yang lebih tipis, bezel layar yang juga lebh tipis, dan bobot yang lebih ringan, 152 gram.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com
Ketebalan Sony Xperia Z3 dilihat dari smaping, nampak juga flap SDcard, tombol daya/lockscreen, volume, dan tombol shutter/shortcut untuk kamera.
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com
Slot microSD dan SIM card milik Sony Xperia Z3 dengan penutup yang terbuka.
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com
Konektor microUSB milik Sony Xperia Z3 yang berada di sisi kanan beserta port charger magnetik.
Layar

Seperti disinggung di atas, Xperia Z3 memiliki layar ukuran 5,2 inci. Resolusi yang dibenamkan Sony dalam perangkat premiumnya ini adalah resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, resolusi yang semakin populer dianut oleh smartphone-smartphone premium populer saat ini, walau trennya menuju ke arah resolusi Quad HD, seperti LG G3 atau Galaxy Note 4.

Dengan teknologi Triluminos, Sony menghadirkan layar yang terang dan tajam. Saking terangnya, saat menghidupkan layar dari kondisi mati di ruangan remang, bisa jadi pengguna akan silau melihat tampilan layar berwarna putih saat smartphone melakukan proses start-up.

Layar Xperia Z3 terlihat sangat terang dalam setting kecerahan maksimumnya, sangat terang bahkan saat dilihat di bawah sinar matahari langsung. Sudut pandangnya pun tidak mengecewakan, walau terjadi sedikit penyimpangan warna namun tidak terlalu kentara.

Yang menjadi perhatian, saturasi warna yang ditampilkan terlihat lebih tinggi jika dibandingkan dengan smartphone sekelasnya, seperti Galaxy Note 4 atau HTC One M8.

Antarmuka dan pengoperasian

Selama pengujian, kesan yang didapat dalam mengoperasikan antarmuka Xperia Z3 adalah terasa cepat dan mengalir dengan halus.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorReza Wahyudi

Close Ads X