Kompas.com - 23/12/2014, 11:10 WIB
Menara base transceiver station (BTS) ShutterstockMenara base transceiver station (BTS)
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sejauh ini ketiga operator telekomunikasi terbesar Indonesia, Telkomsel, XL dan Indosat, sudah meresmikan layanan 4G LTE komersial mereka. Ketiganya melakukan itu di Desember 2014.

Meski demikian, ketiganya memiliki keunikan masing-masing saat meluncurkannya. Telkomsel yang paling pertama mau tidak mau terlihat paling siap, apalagi karena layanannya sudah dihadirkan di ibukota (Jakarta) dan Bali.

Pemilihan kedua kota itu, menurut pihak Telkomsel saat peluncurannya, adalah di lokasi yang telah diidentifikasi memiliki lalu-lintas data tinggi.

Tetapi XL Axiata juga tidak kalah lihai, operator ini bagai muncul dengan strategi 'mengepung kota' dan menghadirkan 4G LTE di Jogja, Medan serta Bogor.

Sedangkan untuk Jakarta, XL mengatakan baru merencanakan hadir di Ibukota pada 2015. Sejauh ini, XL Axiata masih ujicoba saja di Jakarta.

Nah, Indosat yang paling terakhir mengumumkan 4G LTE-nya memiliki area yang terbilang sempit. Hanya di Jakarta, dengan area dari RRI sampai Dukuh Atas.

Namun, Indosat juga berjanji akan hadir di wilayah yang lebih luas, termasuk Jogja dan Bali, dalam waktu dekat.

1800 atau 900 Mhz?

Satu hal yang rupanya dirasa mengganjal adalah digelarnya 4G LTE di 900 MHz. Seperti disampaikan CEO Indosat, Alex Rusli, 900 MHz dirasa belum optimal karena kecepatannya masih lambat. "Speed-nya lebih pelan dari 3G, malu Bos," kata Alex .

Pihak XL juga senada dengan Alex mengatakan bahwa kecepatan yang lebih akan dicapai jika 4G LTE bisa digelar dengan memanfaatkan 900 MHz bersamaan 1800 MHz, dikenal juga dengan istilah agregasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.