Sekutu Korut Komentari Film Komedi Kim Jong Un

Kompas.com - 23/12/2014, 14:53 WIB
Poster The Interview Sony PicturesPoster The Interview
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebuah editorial di The Global Times, media yang dioperasikan oleh Partai Komunis Tiongkok, mengungkap pendapat Negeri Tirai Bambu terhadap film komedi The Interview

Film yang menceritakan kisah fiksi upaya pembunuhan Presiden Korea Utara Kim Jong Un itu disebut-sebut pemicu serangan cyber terhadap sang pembuat film, Sony Pictures Entertainment (SPE).

Seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (22/12/2014), dalam editorial tersebut, Tiongkok mengungkap tidak menyetujui serangan peretas maupun teror dan ancaman. Namun, mereka mengkritik keras Amerika Serikat serta film yang akhirnya batal ditayangkan itu.

“Film seperti The Interview, yang menghina pimpinan negera musuh Amerika Serikat (AS), tidak perlu dibanggakan oleh Hollywood atau masyarakat AS. Bagaimanapun pandangan masyarakat AS terhadap Korea Utara dan Kim Jong Un, Kim adalah pemimpin negara tersebut. Penghinaan terhadap Kim itu hanyalah wujud dari kesombongan sebuah budaya,” tulisnya.

“Masyarakat AS berdiri di sisi teratas kompetisi budaya global. Mestinya mereka menunjukkan tata krama yang baik, bukan malah bertindak agresif,” imbuh tulisan tersebut.

Tulisan itu tidak memuat apapun terkait tindakan peretasan yang menyerang SPE. Tiongkok sendiri dipandang sebagai negara yang dekat dengan Korea Utara.

Gedung Putih, beberapa hari lalu disebutkan sempat meminta bantuan Tiongkok untuk membantunya memblokir serangan cyber Korea Utara. Namun, permintaan tersebut belum dijawab.

Serangan cyber yang menimpa SPE terjadi pada medio Desember 2014 dan berhasil membocorkan  paspor para artis, kumpulan e-mail, laporan keuangan, film-film, dan koleksi password server.

Para peretas yang menyerang itu pun meminta serta mengancam jaringan bioskop di AS agar menolak pemutaran film The Interview. Sebuah adegan tewasnya Kim Jong Un pun sempat beredar di YouTube dan disebut merupakan bagian dari The Interview.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.