Ponsel Firefox OS Transparan Beredar di Jepang

Kompas.com - 27/12/2014, 09:59 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Ponsel pintar berbasis Firefox OS hasil kerja sama antara Mozilla dan salah satu operator seluler Jepang rencananya akan dirilis pada hari Natal 2014. Menariknya, smartphone tersebut memiliki casing yang tembus pandang.

Smartphone Firefox OS yang diberi nama Fx0 tersebut memiliki panel luar transparan, sehingga jeroan smartphone seperti papan sirkuit, speaker, penguat sinyal, dan baterai bisa dilihat dari luar.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (23/12/2014), smartphone hasil rancangan Tokujin Yoshioka itu sengaja dibuat transparan untuk menggambarkan citra keterbukaan, kebebasan, dan transparansi.

Tiga unsur itulah yang ingin ditonjolkan oleh Mozilla dalam sistem operasinya, Firefox OS.

Smartphone transparan Fx0 mengusung fitur koneksi 4G LTE dan NFC, teknologi yang digunakan untuk transaksi pembayaran mobile.

Fx0 memiliki ukuran layar 4,7 inci, ukuran yang sama dengan iPhone 6. Selain itu, di dalamnya terdapat prosesor quad-core 1,2 GHz dan baterai kapasitas 2.370 mAh.

Smartphone tersebut saat ini baru direncanakan akan dijual di Jepang saja dengan harga 50 ribu yen atau sekitar Rp 5 juta.

Untuk diketahui, saat ini Mozilla mengklaim telah memiliki 16 jenis smartphone yang mengusung sistem operasi Firefox OS dan sudah beredar di 29 negara.

Di negara-negara berkembang, smartphone tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 4 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.