OnePlus Boleh Berjualan Kembali di India

Kompas.com - 28/12/2014, 08:09 WIB
OnePlus One dalam genggaman Reska K. Nistanto/KOMPAS.comOnePlus One dalam genggaman
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Seminggu yang lalu, Pengadilan Tinggi Delhi telah melarang penjualan perangkat Android OnePlus One di India. Kini, menjelang akhir Desember 2014, larangan terhadap OnePlus telah dicabut dan mereka bisa kembali mengimpor dan berjualan di India.

Namun, dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (24/12/2014), belum pasti hingga kapan OnePlus diperbolehkan berjualan di India. Sebab, pihak Pengadilan Tinggi Delhi berencana menggelar sesi dengar pendapat lagi di awal tahun mendatang, tepatnya pada 7 Januari 2015.

Pengadilan Tinggi Delhi meminta agar OnePlus menyerahkan pernyataan tertulisnya sebelum sesi dengar pendapat tersebut digelar.

Sebelumnya, OnePlus mendapat larangan penjualan akibat masalah hak eksklusif sistem operasi yang digunakannya.

Adalah sebuah brand lokal India bernama Micromax yang memasukkan tuntutannya kepada OnePlus di Pengadilan Tinggi Delhi.

Menurut Micromax, mereka sudah memiliki kerjasama eksklusif dengan Cyanogen untuk memasarkan perangkat dengan Android "polos" hasil pengembangan Cyanogen di India.

Sementara itu, OnePlus One juga berjalan di sistem operasi bikinan Cyanogen. Oleh karena itu, Micromax menganggap OnePlus telah melanggar hak eksklusif yang didapatkannya langsung dari Cyanogen tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

India sendiri menjadi pasar yang subur baik bagi Micromax maupun OnePlus. Pada 2016 nanti, India diprediksi akan menjadi pasar smartphone kedua terbesar pada 2016 nanti.

Vendor lain yang menghadapi masalah dengan pihak pengadilan di India adalah Xiaomi. Perusahaan produsen smartphone Redmi 1S dan Mi4 itu diperintahkan untuk menghentikan penjualan produk-produknya karena dianggap melanggar hak cipta yang dimiliki oleh Ericsson.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X