Kompas.com - 28/12/2014, 12:53 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Lizard Squad melakukan aksi besar-besaran pada Hari Raya Natal tahun 2014. Pada 25 Desember yang lalu, kelompok peretas ini berhasil membuat jaringan game online PlayStation Network (PSN) milik Sony dan XBox Live milik Microsoft tumbang.

Ada motif apa di balik serangan tersebut? Awalnya, banyak orang yang  menduga bahwa serangan tersebut masih berhubungan dengan film The Interview.

Sekadar informasi, Microsoft secara resmi memasarkan film kontroversial tersebut melalui layanan XBox Movie. Sementara, anak perusahaan Sony, Sony Pictures Entertainment, merupakan studio pembuat film tersebut.

Akan tetapi, melalui wawancara dengan sebuah situs web WinBeta, seperti KompasTekno kutip dari BGR, Sabtu (27/12/2014), pihak Lizard Squad menyangkal dugaan tersebut.

Alasan pertama di balik serangan tersebut ternyata sangat sederhana, Lizard Squad hanya ingin bersenang-senang.

Kemudian, kelompok peretas ini juga ingin memperlihatkan, betapa lemahnya sistem keamanan yang dimiliki oleh Sony dan Microsoft.

Mereka juga ingin agar para pengguna PSN dan XBox Live marah kepada kedua perusahaan tersebut. Tujuannya, mungkin, agar Sony dan Microsoft semakin memperkuat keamanan layanan mereka.

Lizard Squad juga mengungkapkan bahwa mereka sebenarnya dapat membuat jaringan online NASDAQ tumbang. Namun, itu bukan tujuan mereka sesungguhnya dari kelompok tersebut.

Siapa yang paling lemah?

Dalam wawancaranya dengan WinBeta, Lizard Squad juga membeberkan siapa dari kedua perusahaan tersebut yang paling lemah perihal masalah sistem keamanan.

Lizard Squad mengungkapkan bahwa sistem keamanan milik Microsoft ternyata lebih lemah ketimbang milik Sony.

Menurut kelompok ini, belum lama ini, Sony baru saja memperbaiki sistem keamanan sehingga dibutuhkan waktu lebih lama untuk membobolnya.

Lebih lanjut, Lizard Squad menebar ancaman bahwa mereka belum akan berhenti melancarkan aksinya, setidaknya hingga Sony dan Microsoft berhasil memperbaiki sistem keamanannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.