Kompas.com - 29/12/2014, 08:40 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Menjelang pergantian tahun, pengguna Facebook pasti sering menjumpai postingan Year in Review di linimasa mereka. Fitur ini diberikan Facebook untuk menampilkan slideshow foto-foto paling berkesan sepanjang tahun 2014.

Namun, algoritma Facebook dalam memilih foto tersebut ternyata tak hanya menampilkan foto yang memiliki kenangan baik saja, melainkan juga kenangan buruk.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Sabtu (27/12/2014), algoritma Year in Review yang dipakai Facebook dalam mengumpulkan foto adalah mencari foto-foto yang paling banyak interaksinya.

Padahal, foto dengan interaksi yang tinggi belum tentu berarti pengalaman yang menyenangkan, bisa juga pengalaman yang tidak menyenangkan, seperti berita duka dan sebagainya.

Ironisnya, Facebook memasang tagline, "It's been a great year! Thanks for being a part of it."

Hal tersebut tentu memicu reaksi dari pengguna Facebook. Kebanyakan dari mereka menyindir mengapa Facebook menampilkan foto dengan kenangan yang sedih.

Atas kesalahan itu, Facebook pun meminta maaf kepada para penggunanya. "Aplikasi itu sangat berguna bagi kebanyakan orang, namun kadang juga bisa menimbulkan kenangan yang menyedihkan," ujar Jonathan Gheller, Product Manager Facebook.

"Kami seharusnya bisa menyaringnya (foto) dengan lebih baik," imbuh Gheller.

Selain membangkitkan kenangan yang sedih, pengguna Facebook juga mengkritisi fitur Year in Reviw yang sering muncul di linimasa mereka. Banyak yang merasa terganggu karena postingan seperti itu kerap muncul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.