Kompas.com - 29/12/2014, 17:07 WIB
|
EditorReza Wahyudi

 

KOMPAS.com - Tiongkok lagi-lagi dikabarkan memblokir akses terhadap layanan yang berasal dari luar negeri. Kali ini akses yang diblokir adalah Gmail, layanan surat elektronik milik Google.

Google Transparency Reports menunjukkan bahwa trafik pengunjung Gmail dari Negeri Tirai Bambu itu hampir mencapai nol. Transparency Reports adalah fitur yang disediakan Google untuk menunjukkan informasi real-time mengenai produk atau layanannya.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Senin (29/12/2014), sebuah perusahaan analisis internet Dyn Research memastikan Tiongkok melakukan pemblokiran pada tingkat IP (Internet Protocol).

“Tiongkok punya sejumlah cara untuk memblokir konten. Salah satu cara paling kasarnya adalah dengan memblokir alamat IP. Ketika hal ini dilakukan, maka semua konten yang ada di dalam IP tersebut akan terblokir,” terang Earl Zmijewski, Vice President of Data Analytics di Dyn.

Menurut Zmijewski, sebagian besar akses Gmail dari Tiongkok dilakukan melalui alamat IP Hong Kong. Ada enam alamat IP yang berasal dari sana, namun semua itu sudah diblokir.

Pemblokiran seperti ini bukan perkara baru. Negeri Tirai Bambu ini telah dikenal sebagai Great Firewall of China karena sulit ditembus oleh penyedia layanan internet besar seperti Facebook maupun Google.

Pada Juni awal 2014 ini, menjelang hari peringatan pembantaian Tiananmen Square, semua layanan Google juga sempat diblokir total. Pemblokiran serupa pun pernah terjadi pada 2009 dan 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.