Kompas.com - 30/12/2014, 07:40 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sebuah pesawat jenis Boeing 747-400 milik maskapai AS, Virgin Atlantic melakukan pendaratan darurat di bandara London Gatwick pada Senin (29/12/2014) sore waktu setempat.

Video pendaratan darurat tersebut direkam dan diunggah di YouTube oleh username Gatwick sesaat setelah pendaratan darurat dilakukan.

Menurut situs The Telegraph, Senin (29/12/2014), Virgin Atlantic mengonfirmasi pesawat B747-400 dengan nomor penerbangan VS43 yang melayani rute London - Las Vegas itu mengalami masalah pada roda pendaratnya (landing gear).

Dari beberapa foto yang beredar di internet menunjukkan, roda pendaratan utama (main landing gear) sebelah kanan pesawat nampak tidak bisa masuk sepenuhnya sesaat setelah pesawat lepas landas pada pukul 11.40 siang waktu setempat.

The Telegraph/REX FEATURES
Roda pendarat pesawat B747-400 Virgin Atlantic yang tidak bisa masuk sepenuhnya. Pesawat berhasil mendarat dengan selamat di bandara Gatwick, London pada Senin (29/12/2014) sore.
Beruntung, B747-400 masih memiliki tiga stasiun roda pendarat utama lain yang masing-masing membawa empat ban.

Sebelum mendarat kembali di bandara Gatwick, pesawat tersebut sempat berputar-putar di atas Bristol Channel selama kurang lebih empat jam untuk membuang bahan bakar.

Bahan bakar yang dibuang itu untuk mengurangi berat pesawat agar pesawat tidak kelebihan beban saat kembali mendarat.

B747-400 tersebut berhasil mendarat di bandara Gatwick dengan selamat pada pukul 15.45 waktu setempat.

"Seluruh proses (pendaratan darurat), pilot, kru, semuanya tenang, dan kami tidak menyadari akan semulus itu," demikian ujar Mike Kaufman, salah satu penumpang VS43 kepada stasiun berita Sky News.

Craig Kreeger, Chief Executive Virgin Atlantic mengatakan bahwa seluruh 547 penumpang dan kru tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut.

Saat ini, pihak berwajib di London bersama Virgin Atlantic sedang menginvestigasi penyebab kegagalan fungsi roda pendarat tersebut.

Video pendaratan darurat B747-400 Virgin Atlantic di London Gatwick bisa dilihat di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.