Kompas.com - 30/12/2014, 11:44 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com – Yahoo Directory, salah satu layanan pertama Yahoo kini telah ditutup. Layanan tersebut memang rencananya akan pensiun pada 31 Desember 2014, namun penutupan tersebut dilakukan lebih cepat pada 27 Desember 2014 waktu setempat.

Dilansir KompasTekno dari SearchEngineLand, Selasa (30/12/2014), jika pengunjung mencoba membuka Yahoo Directory yang beralamat di dir.yahoo.com, akan dialihan ke alamat business.yahoo.com yang memiliki logo Yahoo Small Business.

Penutupan layanan tersebut memang sudah direncanakan sejak September 2014, seiring dengan upaya Yahoo untuk menata fokus produknya. Sebelumnya pada 10 Desember 2009 silam, layanan Yahoo Directory di Perancis, Jerman, Italia dan Spanyol lebih dulu ditutup.

Yahoo Directory mengandalkan manusia untuk meninjau sebuah website, merangkum deskripsinya lalu mengaturnya ke dalam topik terkait. Misalkan Anda ingin mencari tahu situs tentang games, maka Anda klik topik “Computers and Internet”, lalu “Games”, kemudian “Video Games” untuk melihat situs-situs yang telah dikumpulkan.

Pada masa kejayaannya dulu, Yahoo Directory merupakan yang paling terorganisir dibanding mesin pencari berbasis crawler generasi lama yang hasilnya cenderung tidak konsisten. Sistem manual itu efektif karena jumlah halaman website belum sebanyak sekarang.

Pada kurun 1996-1999, ada banyak website yang mengantri untuk bisa masuk ke dalam daftar situs baru di Yahoo Directory. Pada masa itu, pemilik situs khawatir webnya tidak akan ditemukan orang bila tidak terdaftar di Yahoo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.